Home Palu

Alfamidi – Lazismu Lawan Covid 19

264
Alfamidi bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Muhammadiyah (Lazismu), melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa masjid di Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: Ist)
  • Penyemprotan Disinfektan Sejumlah Masjid di Kota Palu

Palu, Metrosulawesi.id  – Jaringan toko ritel modern PT Midi Utama Tbk (Alfamidi),  bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Muhammadiyah (Lazismu), melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa masjid guna mengantisipasi merebaknya wabah virus Corona.

Kegiatan penyemprotan disinfektan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, di awali dengan penyemprotan di  mesjid Al-khairaat, Jalan Sis Al-jufri Palu. Kemudian, pihak Alfamidi melanjutkan ke mesjid Nurul Khairaat.

Manager Komunikasi Alfamdi, Arif L Nursandi, mengungkapkan, aksi sosial yang dilaksanakan Alfamidi, selain penyemprotan disinfektan  200 titik lokasi, juga  penyediaan sarana cuci tangan (wastafel) di 200 toko Alfamidi di 20 Provinsi di Indonesia.  Hingga saat ini tercatat total dana dari kegiatan tersebut sekitar Rp 240 juta.

‘’Mesjid Assa’Adah di Jalan Pue Bongo,  untuk hari ini dilakukan disinfektan. Semua harus peduli dengan masalah yang dihadapi sekarang, Makanya kita saling bantu dalam menangani hal ini,’’ ujar Andi—sapaan akrab Afif L Nursandi kepada Metrosulawesi, Minggu (12/04/2020).  

Andi menambahkan, sudah setahun Lazismu dan Alfamidi bersinergi dalam penyaluran donasi konsumen dengan berbagai program untuk para penerima manfaat. Sedangkan, dari target sebenarnya adalah 170 wastafel, 100 Disinfektan dan, 12 kota/provinsi.

‘’Saat ini dalam rangka penanganan pencegahan wabah virus Covid-19, Lazismu bersama Alfamidi turut berperan sehingga donasi konsumen dapat dirasakan nilai manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Andi.

Sementara itu, Lazismu sebagai bagian dari Muhammadiyah telah membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). Peran MCCC diantaranya mengkoordinasikan seluruh aktivitas Muhammadiyah dalam mendukung program Pemerintah melawan virus corona.

“Bersama para pemangku kepentingan (stakeholders) juga telah membuat serta mengedarkan panduan-panduan khusus yang berkaitan dengan perilaku kehidupan sehari-hari dan ibadah, yang pada prinsipnya mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat,” jelas Andi.

Ditambahkan Andi,  terpenting bagaimana caranya memutus penyebaran virus corona. Kemarin Lazismu telah mengalokasikan Rp 350 juta dari donasi konsumen Alfamidi untuk program MCCC.

Selain bersama Alfamidi, Lazismu juga akan menjalankan program pencegahan Corona di beberapa kota lainnya. Ia mengatakan, awalnya Alfamidi ingin membantu menyediakan masker dan sanitizer untuk masyarakat khususnya konsumen melalui jaringan toko Alfamidi.

“Karena kelangkaan dua produk tersebut, Alfamidi memilih untuk mengadakan kegiatan penyemprotan disinfektan dan juga penyediaan wastafel di beberapa tokonya,” pungkasnya.

Terkait kebutuhan tersebut, juga karena banyaknya permintaan dari konsumen baik langsung maupun melalui sosial media. Selain itu Alfamidi juga mengajak masyarakat untuk dapat mematuhi anjuran pemerintah mengurangi interaksi langsung dengan orang lain, berdiam diri di rumah dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri. (*)

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas