Home Palu

SMPN 2 Palu Manfaatkan Aplikasi Quipper

268
PEMBELAJARAN - Salah seorang guru SMPN 2 Palu saat memantau pembelajaran siswa dari rumah lewat aplikasi Quipper. (Foto: Ist)
  • Ninik: Sosialisasi Bahaya Covid-19 Juga Dilakukan

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMP Negeri 2 Palu, Ninik Yuliati, mengatakan, selama dialihkannya proses pembelajaran siswa dari rumah, semua guru di SMPN 2 Palu telah diinstruksikan untuk membimbing (mengajar) siswa melalui sistem daring (online) dengan memanfaatkan aplikasi Quipper.

“Jadi masing-masing guru mendaftarkan diri di aplikasi Quipper itu, kemudian mereka memasukan materi pembelajaran dan mengundang siswanya untuk bersama-sama belajar lewat aplikasi itu, selain memberikan mata pelajaran, guru kami juga memberikan sosialisasi kepada siswa seperti apa wabah corona itu,” jelas Ninik, di Palu, Senin, 6 April 2020.

Kata Ninik, pembelajaran secara daring ini bukan semata-mata yang diajarkan oleh guru mata pelajaran, tetapi ada edukasi tentang Covid- 19.

Selain itu, kata Ninik, khusus untuk siswa kelas IX, karena pada Maret itu masih ada pembelajaran tambahan atau les sore, maka guru yang mengajar pada les sore itu memberikan tugas tambahan untuk mengejar ketertinggalan jadwal les sore tersebut.

“Alhamdulillah, selama siswa dibimbing oleh guru melalui online dari rumah, berjalan dengan lancar, dan kondisi siswa kami dalam keadaan sehat. Kemudian adapun siswa yang perlu berhubungan dengan wali kelas bisa datang ke sekolah, kami tetap melayani hanya saja untuk melegalisir rapornya,” ujarnya.

Kata Ninik, tujuan dari legalisir rapor itu bagi siswa kelas tiga yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke SMA,SMK, dan MA.

“Untuk pelayanan administrasi di sekolah tetap berjalan, dan saya sudah membagi piket kepada semua guru, masing-masing 12 orang setiap hari, sejak Senin hingga Sabtu, untuk hadir melayani masyarakat yang datang ke sekolah,” katanya.

Menurut Ninik, sekolahnya juga telah menyiapkan tempat-tempat cuci tangan atau hand sanitizer untuk tamu dan siswa yang datang ke sekolah. Pihaknya juga selalu mengimbau agar siswa tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan tidak boleh dulu berkeliaran di luar rumah.

“Semoga virus corona ini dapat berakhir, sehingga kita kembali melaksanakan aktivitas seperti biasa di sekolah, tetap semangat, jaga jarak, social distancing,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas