Home Palu

Semua Keluarga Pasien Positif Jalani Pemeriksaan

273
drg. Herry Mulyadi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, dr Hery Mulyadi, mengatakan, saat ini, semua keluarga yang diperkirakan pernah kontak dengan pasien positif virus corona (Covid-19), tengah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis.

“Untuk jumlah keluarga yang diperiksa kami belum mengetahuinya, sebab yang melakukan penjemputan, pemantauan, dan mendata itu Tim Surveilans, kami tim rumah sakit yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan itu,” jelas Hery, melalui ponselnya, Senin, 6 April 2020.

Menurut Hery, setelah keluarga itu tiba di RS, Tim Medis akan melaksanakan SOP yang harus dilakukan. Apabila orang itu dianggap pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif, maka pihak rumah sakit akan membantu dari sisi kendaraan dan pemeriksaan kesehatan.

“Tetapi kalau pemantau dan lainnya itu adalah pihak-pihak Tim Surveilans dari Dinas Kesehatan Kota Palu,” ujarnya.

Sementara itu, kata dia,  untuk ketersedian Alat Pelindung Diri (APD) saat ini masih cukup aman.

“Sebab tadi ini (kemarin-red), kami mendapatkan bantuan 100 APD dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Jadi bantuan dari BNPB pusat kami sudah terima, kemudian akan disalurkan ke ruangan Covid-19,” kata Hery.

Yang pasti, kata dr Hery, ragam usaha yang telah dilakukan pemerintah, bahkan Pemkot Palu telah berupaya agar keluarga pasien yang positif itu bisa dibawa ke rumah sakit.

“Apabila pasien tersebut dianggap masuk kategori, dalam hal setelah diperiksa memenuhi syarat sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), itu harus diisolasi oleh pihak rumah sakit, dan kami sudah siap menjalankannya,” ungkapnya.

Menurut Hery, untuk jumlah ketambahan PDP di RSU Anutapura sejauh ini belum ada, karena pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari keluarga yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19.

“Kami belum tahu berapa jumlahnya, karena saat ini mereka masih dijemput semua untuk melakukan pemeriksaan diri,” ujarnya.  

Selain itu, sekedar informasi, kata Hery, belum lama ini Wali Kota Palu telah melakukan pemantauan terkait aktivitas Tim Rumah Sakit Anutapura dalam menyikapi kondisi pasien Covid-19.

“Beliau tadi hampir tiga jam melakukan pemantauan,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas