Home Sigi

Tiga Ton Bibit Bawang Merah Dibagikan di Bolupontu

201
Bupati Sigi Mohammad Irwan, melakukan penanaman bawang merah di Dusun Bolupontu, Kecamaatan Sigi Biromaru, Jumat, 3 April 2020. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Bupati Sigi Mohammad Irwan, melakukan penanaman bawang merah di Dusun Bolupontu, Kecamatan Sigi Biromaru, Jumat, 3 April 2020. Selain itu juga dilakukan penanaman bibit mangga dan pepaya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah ini dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Hidayat Lamakarate, Kadis Nakertrans Sulawesi Tengah, serta beberapa pimpinan OPD di Kabupaten Sigi.

Kata bupati, kegiatan ini bertujuan memulihkan kembali ekonomi masyarakat pasca bencana 2018 silam serta di tengah wabah Covid-19 yang mengharuskan warga hanya dapat beraktivitas di rumah.

“Bibit Bawang yang diberikan Pemerintah kepada masyarakat di wilayah Bolupontu sebanyak 3 ton, yang mana setiap warga mendapatkan 10 kilogram bibit bawang  dan dibagikan kepada 300 warga petani yang ada di kawasan tersebut, yang mana bibit itu ditanam di halaman pekarangan rumah masing-masing,” ungkap bupati.

Untuk mempercepat proses penanaman kata Irwan, Ia sudah memerintahkan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Sigi untuk segera membantu masyarakat dalam mengolah lahan dengan menggunakan alat jonder traktor. Sehingga warga tidak perlu lagi mengolah lahan secara manual/ tradisional yang membutuhkan waktu cukup lama.

Bupati juga meninjau program penangkaran dan budidaya bibit bawang merah yang dilakukan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sigi dan lokasi pembangunan Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sigi.

Menurutnya, komoditi bawang merah terbukti memiliki nilai tambah yang sangat tinggi bagi petani, karena komoditi tersebut dapat meningkatkan pendapatan keluarga petani. Untuk itu, Pemkab Sigi terus melakukan upaya-upaya dengan memberikan bantuan bibit dan pupuk yang setiap tahun jumlahnya bertambah.

“Petani cukup menanam dan merawat bibit bawang, dalam kegiatannya mereka didampingi oleh penyuluh pertanian, agar petani memperoleh hasil panen yang baik dan melimpah,” tutup bupati.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas