Home Ekonomi

Puskesmas Diharap Serap Produksi UMKM Produksi APD

147
Kadis Koperasi dan UMKM Sigi, Samuel Yansen Pongi mencoba APD hasil karya pelaku UMKM konveksi, Desa Kalukubula. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sigi, Samuel Yansen Pongi mengungkapkan, di tengah wabah virus corona (Covid-19) saat ini pelaku UMKM konveksi binaannya sudah mulai memproduksi Alat Pelindung Diri (APD).

UMKM konveksi yang beralamat di jalan Guru Tua, Desa Kalukubula itu membuat jenis APD berupa baju hazmat atau “baju astronot” dan masker.

“APD itu sudah sesuai standar, harganya juga murah hanya Rp100.000,” ujarnya via telepon, Sabtu 4 April 2020.

Samuel berharap, APD yang di buat oleh UMKM tersebut dapat dimanfaatkan Puskesmas-Puskesmas di Sigi agar tidak terjangkit dengan virus, karena mereka yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Sigi.

Dikatakannya, samapi saat ini UMKM tersebut masih memproduksi pesanan mandiri dari masyarakat serta Bumdes di Sigi. Dengan harapan Puskesmas-Puskesmas juga memakai jasa UMKM tersebut.

“Harapannya Kepala Puskesmas memberikan APD ini kepada perawat-perawat di puskesmas, karena mereka yang melayani atau berhadapan langsung dengan pasien ODR, ODP serta PDP. Kalau untuk Rumah Sakit ada bantuan pemerintah yang APDnya lengkap.” ungkapnya.

Selain itu, kata Samuel dengan adanya UMKM konveksi yang membuat APD tersebut, dapat berpotensi untuk menciptakan jasa pekerja bagi pelaku UMKM yang usahanya tutup karena dampak Covid-19.

“Pelaku usaha ini yang berpotensi untuk bisa mempekerjakan warga Sigi yang saat ini usahanya lagi turun atau bahkan mungkin sudah kehilangan mata pencarian,” pungkasnya.

Diketahui wabah Covid-19 sangat berdampak bagi pelaku UMKM di Sigi yang menimbulkan usaha tutup dan kehilangan mata pencarian.

“Ketika mereka mempekerjakan warga sigi, maksimal upahnya dibelanjakan di sigi juga, beli jajanan yang dijual pelaku UMKM lainnya,” tutupnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas