Joko Pranowo. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng berupaya berkoodinasi dengan pihak kementerian memohon perpanjangan pendaftaran Kartu Pra Kerja.

Kepala Bidang Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Sulteng, Joko Pranowo,  mengungkapkan upaya itu dilakukan agar kuota yang tersedia terisi.

“Kuota untuk Sulawesi Tengah cukup besar, 36 ribu lebih, sayang sekali kalau tidak terisi,” ungkap Joko, Minggu, 5 April 2020.

Dia menjelaskan tenggang waktu masa pendaftaran Kartu Pra Kerja memang terbilang mepet. Kementerian terkait menginformasikan untuk dimulainya pendaftaran pada Rabu, 1 April 2020. Sementara masa pendaftaran hanya diberikan sekitar empat hari hingga Sabtu, 4 April 2020.

“Jadi bukan kami yang lambat menyampaikan informasi karena baru 1 April disampaikan dari pusat. Itupun data yang mendaftar sudah diminta pada Jumat, 3 April malam, hanya tiga hari setelah penyampaian,” ucap Joko.

Joko mengatakan dari 36.689 jatah Kartu Pra Kerja untuk Sulteng, baru sekitar 2.500 lebih terisi. Jumlah tersebut merupakan pendaftar yang memanfaatkan waktu dalam tempo pada 2-3 April sore.

Para pendaftar tersebut merupakan pekerja/buruh yang terdampak Covid-19 seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) dan di rumahkan. Data pendaftar ke kementerian dikirim pada Jumat, 3 April malam.

Bagi yang mendaftar dalam tempo 2-3 April diharap memantau update informasi melalui website prakerja.go.id. Nantinya akan diinformasikan untuk jadwal dan mekanisme pelatihan yang harus diikuti pendaftar.

“Harus dipantau-pantau terus melalui website pra kerja agar tahu perkembangan informasi,” pungkas Joko.

Seperti diketahui, Kartu Pra Kerja salah satu program pemerintah dalam membantu pekerja/buruh yang terdampak Covid-19. Pekerja/buruh melakukan pendaftaran secara mandiri dengan mengirim data nama perusahaan, alamat perusahaan, nama pekerja, alamat pekerja, nomor KTP/NIK pekerja, jabatan, nomor handphone, dan email. Data tersebut dikirim dalam bentuk file microsoft excel ke email phiwasnakerprop.sulteng@yahoo.co.id atau whatsapp 0813 4102 1971.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas