ILUSTRASI - Pandemi Covid 19. (Foto: Ist/ SS)
  • Satu Pasiennya Adalah  Mahasiswi Perguruan Tinggi di Palu

Morowali, Metrosulawesi.id – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus Corona atasu Covid 19 di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah bertambah satu orang lain, sehingga total warga berstatus PDP menjadi tiga orang.

‘’Perlu disampaikan, berdasarkan laporan yang diterima tim pencegahan dan penanganan  Covid 19  Kabupaten Morowali, warga yang statusnya PDP Covid 19 untuk Wilayah Kabupaten Morowali sampai hari ini (Sabtu 04/04/2020) sudah berjumlah tiga orang, yang terdiri dua pasien lama dan satu orang pasien baru,’’ jelas juru bicara Tim Penanganan Covid 19 Morowali, Ashar Ma’ruf kepada Metrosulawesi.id, Sabtu sore,

Ashar menjelaskan, data pasien baru status PDP, diperoleh dari laporan RSUD Morowali yang menerima rujukan pasien dari wilayah kerja Puskesmas Bahonsuai, Kecamatan Bumi Raya.

‘’Pasien baru itu merupakan rujukan dari Puskesmas Bahonsuai. Dan kini dalam penanganan tim medis Covid di RSUD Morowali,’’ ujar Ashar.

Warga yang berstatus PDP dan kini menjalani perawatan di RSUD Morowali, seorang perempuan berdomisili di Desa Lambelu, Kecamatan Bumi Raya, dan berusia 23 tahun.

‘’Pasien adalah mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Kota Palu,’’ papar Ashar.

Ashar yang juga  Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Daerah Morowali ini, menuturkan rekam jejak pasien disebutkan, tanggal 27 Maret 2020 tiba di kampung halamannya Desa Lambelu. Selang enam hari kemudian yang bersangkutan mengalami keluhan demam tinggi.

‘’Pihak keluarga menghubungi petugas kesehatan Tim Covid 19 di Puskesmas Bahonsuai.Oleh tim kesehatan dilakukan pemeriksaan, dan diagnosis sementara adalah DBD dan Typoid,’’ urai Ashar.

Guna pengobatan lebih lanjut, tim kesehatan puskesmas merujuk pasien ke RSUD Marowali untuk  mendapatkan perawatan dan pengobatan lebih lanjut.

‘’Pihak RSUD Morowali sesuai hasil konfirmasi  PDP akan dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk  mendaptkan diagnosis pasti dengan  berpedoman pada standar penanganan kasus Covid 19,’’ tutup Ashar sembari menyebut dua orang PDP Morowali yang dirujuk di Kota Palu kondisinya mulai membaik.

Diberitakan sebelumnya, RSUD Morowali  menangani dua pasien berstatus Pasien Dalam Pemantuan (PDP). Kedua pasien itu yakni seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Morowali dan warga asal Sulawesi Selatan yang melakukan aktifitas usaha di Bahodopi. (*)

Reporter: Murad Mangge

Ayo tulis komentar cerdas