Home Ekonomi

Wabah Corona, Tingkat Gadai Emas Naik 5%

241
Situasi pelayanan di kantor PT Pegadaian Syariah Cabang Palu Plaza. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Merebaknya wabah Covid 19 atau dikenal dengan sebutan virus Corona, peningkatan gadai emas di PT Pegadaian Syariah Cabang Palu Plaza naik sebesar 5%.

Hal tersebut disampaikan langsung Pimpinan Pegadaian Syariah Cabang Palu Plaza, Wagiman kepada Metrosulawesi, Kamis (2/4/2020). Sementara itu, ia mengungkapkan untuk pembiayaan gadai barang masih dibatasi.

“Sekarang ini kita dihimbau untuk mengurangi interaksi dengan orang. Kalau gadai emas naik, dibandingkan gadai barang,” ungkapnya. 

Menurutnya, untuk gadai barang di wilayah Jakarta dan sekitar Pulau Jawa telah membudaya sejak dahulu. Namun, di Kota Palu dan keseluruhan Sulawesi Tengah masih terbilang sangat kecil.

“Belum mengalami kenaikan di sini kalau untuk gadai barang dibawa tekanan pandemi virus Corona. Sedangkan, tebus barang masih terbilang normal belum ada lonjakan yang signifikan,”ucapnya.

Ia mengungkapkan harga emas taksiran kini mengalami kenaikan sebesar Rp849 ribu/gram. Oleh karna itu, pihaknya menghubungi langsung nasabah untuk menambah peminjaman.

“Pinjaman boleh diperpanjang karena harga emas naik. Kita Himbau kepada masyarakat yang butuh dana agar segera datang ke Pegadaian Syariah Cabang Palu Plaza,” jelasnya.

Ia tak mengetahui secara pasti terkait jumlah dana Pegadaian Syariah yang telah salurkan ke nasabah sejak wabah Covid 19. Artinya, kata Wagiman, berapa pun yang dibutuhkan masyarakat, pihaknya menyiapkan dana tersebut. 

“Kita siapkan dana untuk mereka yang ingin menambah modal usaha silahkan ke Pegadaian Syariah. Khususnya kita juga mengingatkan bagi pedagang silahkan datang ke tempat kami,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas