Home Nasional

‘Pengadaan Alat Lab Rapid Test dan PCR’

324
Ketua DPRD Sulteng, Hj. Nilam Sari Lawira SP MP. (Foto: Ist/ Dok. metrosulawesi.id)
  • Nilam Sari Lawira: Skala Prioritas Percepatan Penanganan Covid 19 di Sulteng

Palu, Meteosulawesi.id – Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Hj. Nilam Sari Lawira SP MP, menyampaikan dua  skala prioritas dalam percepatan penanggulangan penyebaran pandemi Covid 19 atau virus Corona di Sulawesi Tengah. Salah satu skala prioritas yang menjadi kebutuhan penting  yakni mempercepat pengadaan alat laboratorium Rapid Test dan PCR untuk mempercepat deteksi dini dan diagnosa status pasien Covid-19.

Penyampaian skala prioritas percepatan penanganan Covid 19 itu, disampaikan Nilam Sari, saat rapat via virtual lintas Komisi dengan mitra BPBD, Dinas Kesehatan Provinsi, Kepala Rumah Sakit Umum dan Polda Sulteng, Jumat (03/04/2020) siang.

‘’Iya. Tadi siang hingga sore telah berlangsung rapat lintas komisi DPRD Sulteng via virtual dengan mitra, terutama  pihak-pihak terdepan yang berkaitan langsung  dengan penanganan dan penanggulangan bencana non alam Covid 19,’’ ujar Nilam Sari kepada Metrosulawesi.id, Jumat malam.

Skala prioritas yang disampaikan Nilam Sari, dalam percepatan penanganan Covid 19 di Sulawesi Tengah,  disebutkan antara lain; pertama,   Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah harus mempercepat pengadaan alat laboratorium Rapid Test dan PCR untuk mempercepat deteksi dini dan diagnosa status pasien Covid-19.

Hal itu penting, kata Nilam Sari, agar tindakan medis bisa berjalan cepat sesuai protokol penanganan Covid-19. Hal ini berkaitan erat dengan kebutuhan fasilitas alat kesehatan yang dimiliki oleh setiap rumah sakit.

Menurut Nilam Sari, lancar tidak atau maksimal atau tidaknya tentu saja bergantung dengan hasil test dan modeling rasio korban Covid-19. Sebab, jika  penanganan berbasis menunggu hasil laboratorium dari Jakarta, memiliki resiko pada penyebaran wabah,

‘’Misalnya, kelambatan hasil test bisa berdampak pada korban meningal diurus tidak sesuai protokol penanganan Covid-19 atau beresiko tinggi pada tingkat penyebaran virus,’’ urai Nilam Sari.

Prioritas kedua, lanjut Nilam Sari, realokasi anggaran sebaiknya diputuskan secara cepat, terutama berkaitan dengan skala prioritas pada kebutuhan mendesak, seperti pengadaan alat kesehatan, APD, dan juga sabuk pengaman sosial berdasarkan tingkat resiko sosial ekonomi yang telah diperhitungkan oleh Satgas Covid-19.

‘’Menyangkut kebutuhan mendesak, secepatnya diputuskan dan direalisasikan. Seperti kebutuhan yang bersentuhan langsung dengan penanganan Covid 19. Sebut saja, pengadaan alat kesehatan, APD dan juga sabuk pengaman sosial,’’ papar Nilam Sari.

Pada ksempatan itu juga, mantan dosen Untad Palu ini,  meyampaikan atensi khusus pada semua anggota DPRD untuk mendukung semua upaya pemerintah.  Karena ini merupakan misi kemanusiaan yang memerlukan saling pengertian tinggi.

‘’Bukan saja berkaitan dengan realokasi anggaran, tetapi juga dukungan moril, dan semangat bagi terciptanya solidaritas melawan Covid-19,’’tutup Nilam Sari. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas