Home Sulteng

Pemprov Sulteng Sebar Tenaga Kesehatan di Semua Pintu Masuk

214
FOTO BERSAMA - Gubernur H Longki Djanggola, bersama Kadis Kesehatan Sulteng dr Reny Lamadjido, Dirut RS Undata serta para petugas kesehatan RS Undata menyilangkan tangan sebagai simbol Lawan Virus Corona, Senin 23 Maret 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Syahril Hantono)
  • Lebih Fokus Cegah Penyebaran Covid-19

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengatakan Pemerintah Provinsi Sulteng akan lebih fokus dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah ini.

‘’Saya telah menemui pihak IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Sulteng untuk membahas masalah penyebaran Covid-19. Jadi kami pemerintah harus lebih fokus lagi untuk mencegah penyebarannya,’’ kata Gubernur dalam acara penyerahan bantuan kepada petugas kesehatan di RS Undata, Senin 23 Maret 2020.

Gubernur mengatakan, meski di Provinsi Sulteng belum ada pasien yang positif terjangkit virus corona, namun orang dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah. Karena itu, kata Gubernur, pihak pemerintah akan mengambil langkah-langkah antisipasi dengan segala kemungkinannya untuk mencegah virus corona menyebar.

Salah satu antisipasi yang ditempuh adalah memeriksa migrasi orang-orang di pintu masuk perbatasan jalur darat dan laut. Kata Gubernur, di semua pos pintu masuk jalur darat ditempatkan petugas kesehatan untuk memeriksa orang yang masuk ke Kota Palu.

‘’Untuk mencegah penyebaran virus corona melalui migrasi orang, mulai hari ini (kemarin, red) saya sudah keluarkan SK untuk pemeriksaan kesehatan di pos-pos terminal antar kabupaten, kota, dan provinsi. Semua pintu masuk dijaga oleh petugas kesehatan,’’ kata Gubernur.

Seperti diberitakan, pengawasan lalu lintas orang, pihak UPTD Puskesmas Mamboro, bersama pemerintah kelurahan di wilayah Kecamatan Palu Utara, Babinsa serta Babinkamtibmas melakukan pemeriksaan di Terminal Induk Mamboro, pekan kemarin (21/3). Saat itu petugas banyak memeriksa sopir dan penumpang bus maupun travel yang baru saja tiba di jalur kedatangan terminal atau yang baru datang dari luar daerah.

Rata-rata sopir dan penumpang bus maupun travel yang terjaring berasal dari kota Manado, Sulawesi Utara. Seperti diketahui Manado merupakan salah satu daerah di Sulawesi yang telah terkonfirmasi positif adanya penularan virus corona.

Reporter: Syahril Hantono
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas