Wakil Gubernur Sulteng Rusli Dg Palabi saat menyerahkan piala kepada juara umum MTQ ke XXVIII di Kabupaten Banggai kepulauan. (Foto: Humas/ Lili)
  • Sigi Tuan Rumah MTQ Sulteng 2022

Palu, Metrosulawesi.id – Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) se Sulteng yang dipusatkan di Salakan Banggai Kepulauan berakhir. Kontingen Kota Palu keluar sebagai juara umum menggeser posisi kontingen Parigi Moutong yang sudah dua kali mempertahankan juara umum.

Kontingen Parigi Moutong harus puas diposisi juara umum kedua, dan juara umum ketiga diraih tuan rumah kafilah Banggai Kepulauan, kafilah Sigi diposisi keempat dan kafilah Tojo Una-una diposisi kelima. Selanjutnya berturut-turut Banggai, Toli-toli, Donggala, Morowali, Banggai Laut, Morowal Utara, Buol, dan urutan terakhir yakni Kabupaten Poso.

Ketua panitia H. Rais D. Adam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Sulteng yang telah mempercayakan kepada Pemkab Bangkep dan kafilah Kabupaten se-Sulteng serta pengurus LPTQ Sulteng, Forkopimda, masyarakat Bangkep dan semua pihak.

“Semoga partisipasi dari semua pihak menjadi amal ibadah dan mendapat balasan setimpal dalam bentuk kebaikan dari Allah SWT, semoga suasana yang religius damai sejuk yang terwujud dalam penyelenggaraan MTQ sekarang ini, tetap terpelihara dan semakin meningkat diwaktu-waktu yg akan datang,” sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah dibacakan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah H. Rusli Dg. Palabbi, S. Sos., S.H., M.H menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia, Dewan Hakim, Pemda dan masyarakat Bangkep serta semua pihak yang turut mendukung penyelenggaraan MTQ.

“Selama MTQ suasana religius dan persaudaraan dirasakan semoga dapat dipertahankan bahkan sebisa mungkin ditingkatkan dan juga ditularkan ke berbagai aspek pembangunan,” pesan gubernur.

Kontingen Dongala saat menerima piala pada gelaran MTQ ke XXVIII, Kabupaten Donggala berada di peringkat delapan. (Foto: Humas/ Lili)

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Kiflin Padjala, M. Pd.I menyampaikan ucapan selamat kepada peserta yg telah berhasil memperoleh predikat juara. Dia berharap gelar juara tidak membuat menjadi sombong dan merasa cepat puas.

 “Persiapkanlah diri dan berlatih lebih tekun demi mengharumkan nama baik Sulteng pada MTQ Tingkat Nasional di Padang Sumatera Barat bulan Agustus 2020,” ujarnya.

Sebelum menutup sambutannya dia menyampaikan bahwa Sigi dipercayakan menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi  Sulteng ke-29 tahun 2022.

Sementara itu, Kafilah  Parigi Moutong kali ini urutan kedua. Seperti diketahui kontingen Parigi Moutong sebelumnya telah dua kali berturut-turut menjadi juara umum, pertama saat pelaksanaan MTQ ke XXVI di kabupaten Parigi Moutong 2016, dan juara umum MTQ ke XXVII di Kabupaten Morowali 2018.

Ketua LPTQ Drs. H. Sudirman Tjora, MM mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati, Wakil Bupati dan masyarakat Parigi Moutong yang sudah banyak membantu memberikan motivasi, sehingga kafilah Kabupaten Parigi Moutong menempati juara umum kedua dan merupakan salah satu daerah kabupaten yang diperhitungkan pada pelaksanaan MTQ di Sulteng.

“Alhamdulillah, tahun 2020 ini pelaksanaan MTQ ke XXVIII tingkat provinsi Sulawesi Tengah di kabupaten Banggai Kepulauan kafilah Parigi Moutong meraih juara umum kedua, semua peserta sudah menampilkan yang maksimal dan kami puas atas pencapaian ini semoga di tahun akan datang lebih baik lagi,” tutur Sudirman.

Adapun pada kegiatan penutupan MTQ tingkat provinsi tersebut Bupati Donggala diwakili Sekab Aidil Nur beserta beberapa pimpinan OPD.

Reporter: Tamsyir Ramli, Masruhim Parukkai
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas