PIMPIN RAPAT - Wali Kota Palu, Hidayat, M.Si, saat memimpin Rapat Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 di Ruang Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Sabtu, 21 Maret 2020. (Foto: Humaspemkot)
  • Dinkes-Imigrasi Harus Intens Koordinasi

Palu, Metrosulawesi.id – Pada Rapat Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 di Ruang Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Sabtu pecan lalu, Wali Kota Palu, Hidayat, M.Si, mengungkapkan salah satu upaya pihaknya melakukan pencegahan penyebaran covid-19  yakni libur kepada seluruh siswa siswi se-Kota Palu, meskipun kemudian agak berdampak terhadap proses belajar mengajar.

“Alasan kita untuk meliburkan siswa itu karena adanya 32 Warga yang berstatus ODP, yang mana 18 orang diantaranya masih dalam proses perawatan.  Nah jika kemudian, setelah hasil pemeriksaan itu ada, dan mereka negatif corona bagaimana? Namun selanjutnya ada lagi warga yang ODP setelah usai waktu libur itu, pertanyaannya, apakah kita akan meliburkan lagi siswa bersekolah,” katanya.

Jadi, kata Hidayat,  langkah terbaik yang dilakukan yakni, mencegah masuknya virus itu melalui akses pintu masuk ke Kota Palu secara ketat.

“Tentunya hal ini harus didukung oleh semua pihak, khususnya warga yang baru datang dari luar daerah atau luar negeri untuk secara sukarela, dengan kesadaran diri memeriksakan dirinya di RS Anutapura Palu,” tegasnya.

Apalagi, kata dia, saat ini pihak Imigrasi sedang melakukan pengecekan data warga  yang masuk atau datang ke Palu melalui bandara dan pelabuhan.

“Inilah yang perlu kita tindak lanjuti. Untuk itu kita membentuk Posko Induk Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19, yang bermaksud untuk bekerja secara bersama dalam upaya pencegahan covid-19,” ungkapnya.

Selain itu, kata Hidayat, pihaknya juga telah membentuk surveilans, yang terdiri dari unsur yang ada di Dinas Kesehatan Kota Palu. Surveilans ini bertugas turun lapangan, menindak lanjuti laporan dari pihak Imigrasi, jika ada orang asing yang masuk ke Kota Palu.

“Saya mau adanya komunikasi antar instansi yang terkait hal ini, seperti informasi dari pihak Imigrasi yang kemudian ditindak lanjut pihak RS, Dinas Kesehatan, dan instansi terkait lainnya,  dengan satu Posko terpadu,  yang update dalam informasinya, dan bekerja keras dalam melaksanakan tugas pengabdian secara sukarela dan ikhlas, memberi pelayanan terbaik bagi Kota Palu,” tegas Hidayat.

Dalam pertemuan itu, Wali Kota Hidayat membentuk Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palu, serta meminta juga dibentuk Satgas Penanganan Pengendalian Covid-19 di rumah sakit, dan Satgas Pengendalian dan Pemantauan Covid-19 di kecamatan. “Libatkan semua pihak, mulai dari Tenaga Medis Puskesmas dan Satgas K5,” katanya.

Pemkot Palu Siap Geser Anggaran

WALI KOTA Palu, Hidayat, M.Si mengajak semua pihak untuk melakukan pencegahan penularan covid-19. Pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin mencegah masuknya viruss tersebut ke Kota Palu.

“Kita semua harus bergerak secara massif, dan sekecil apapun informasi, harus ditangani dengan cepat, dan kebutuhan apa saja terkait penanganan dan pencegahan covid-19, Pemkot Palu siapkan melalui pergeseran anggaran khusus, sehingga kebutuhan yang paling mendasar seperti APD, masker atau apa saja yang berkaitan dengan penanganan covid-19 dengan anggaran yang mengacu pada pendekatan rasional, proporsional, dan realistis,” katanya.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas