PAKAI MASKER - Petugas Disdukcapil Kota Palu kini menggunakan masker sebagai langkah mengantisipasi penyebaran virus corona. (Foto: Dok Disdukcapil)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu menyetop perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Kepala Disdukcapil Kota Palu, Rosida Thalib, mengungkapkan perekaman E-KTP disetop hingga tiga pekan kedepan sebagai langkah mengantisipasi virus corona.

“Perekaman E-KTP sementara ini kami ditunda sempai tiga pekan terhitung mulai Selasa, 17 Maret 2020. Untuk informasi selanjutnya akan disampaikan sesuai instruksi pemerintah daerah,” ungkap Rosida, Selasa, 17 Maret.

Dia mengatakan untuk pelayanan pencetakan tetap dibuka namun dengan mekanisme yang telah ditentukan. Mekanisme yang dimaksud yaitu antara petugas dengan masyarakat menjaga jarak (social distancing) dan menghindari kontak fisik.

“Masyarakat yang akan melakukan pendaftaran penertiban dokumen kependudukan cukup memasukan berkas melalui bagian informasi yang sudah disediakan dan disilahkan untuk menunggu di luar,” kata Rosida.

Terkait hal ini, Kepala Disdukcapil Provinsi Sulteng, Abd Haris Yotolembah, mengimbau warga Sulawesi Tengah sementara waktu menunda mengurus E-KTP sebagai langkah mengantisipasi virus corona.

“Kami mengimbau kalau tidak ada hal yang mendesak ditunda saja dulu mengurus E-KTP, apalagi cuma mau mengganti fisik E-KTP. Yang mendesak misalnya mau daftar tentara harus ada E-KTP,” ujar Haris kepada Metrosulawesi, Selasa, 17 Maret 2020.

“Penundaan yang paling perlu untuk perekaman karena paling besar kemungkinan bisa menyebarkan virus corona. Merekam itu jari tangan harus ditempelkan ke alat perekam, tentu ini sangat rentan untuk penularan,” tambahnya.

Menurut Haris, antisipasi virus corona harus dilakukan semua pihak, salah satunya dengan menghindari tempat keramaian. Namun demikian pelayanan Disdukcapil kabupaten/kota dikatakan tetap jalan seperti biasa. Hanya saja yang membedakan saat ini petugas dilengkapi masker ketika melayani masyarakat.

“Pelayanan tetap dibuka seperti biasa untuk pengurusan E-KTP dan layanan kependudukan lainnya,” ungkap Haris.

Haris menambahkan semua instansi saat ini bersama-sama melakukan pencegahan dan antipasi risiko penularan virus corona. Khusus untuk Disdukcapil se-Indonesia imbauan telah disampaikan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh.

“Pak Dirjen mengajak masyarakat sama-sama mendukung pencegahan virus corona (Covid-19),” pungkas Haris.

Reporter: Moh Fadel, Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas