Home Palu

Pemda Harus Sigap Tangkal Corona

Sakinah Aljufrie. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Daerah (Pemda) provinsi dan kabupaten/kota di Sulteng diminta harus sigap menangkal penyebaran virus corona. Hal ini disampaikan Anggota DPR RI, Hj Sakinah Aljufrie di Palu, Kamis, 5 Maret 2020.

“Pemerintah harus intens melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat, baik yang masuk maupun yang keluar dari Sulawesi Tengah,” ujar Sakinah.

Dia mengungkapkan salah satu daerah yang perlu menjadi perhatian yaitu Kabupaten Morowali. Itu karena di daerah tersebut sejumlah perusahaan tercatat banyak mempekerjakan warga negara asing (WNA).

“Tidak menafikkan Morowali bisa menjadi sasaran lewat tenaga kerja, ini menjadi tugas bersama, kita harus antisipasi,” ucap Sakinah.

Sakinah juga meminta Pemda bijak dalam mengeluarkan kebijakan terkait kunjungan wisatawan. Pemda jangan hanya ingin mendatangkan banyak turis tapi melupakan akibat yang mungkin timbul.

“Jangan mengembar-gemborkan membuka lebar-lebar tapi tidak ada kewaspadaan. Ini menjadi catatan bagi Dinas Pariwisata,” tandas Sakinah.

Sebelumnya, Ombudsman Perwakilan Sulteng juga meminta Pemprov mengeluarkan kebijakan khusus untuk pencegahan dan penanganan virus corona. Permintaan ini disampaikan Kepala Ombudsman Perwakilan Sulteng, H Sofyan Farid Lembah, menyikapi telah masuknya serangan virus corona di Indonesia.

“Belajar dari Pemerintah DKI Jakarta, Pemprov Sulteng perlu mengeluarkan kebijakan khusus bukan sekadar imbauan belaka,” ujar Sofyan melalui keterangan tertulis kepada Metrosulawesi, Rabu, 4 Maret 2020.

Dia mengatakan permintaan yang disampaikan penting dan bukan sebagai bentuk kepanikan melainkan sebuah langkah komprehensif perlindungan dan penanganan tepat kepada masyarakat Sulteng yang sudah menjadi kewajiban pemerintah.

Lima langkah subtantif yang perlu dalam kebijakan khusus tersebut dintaranya memberikan informasi yang jujur kepada masyarakat terkait perkembangan faktual serangan virus dan penanganannya di Sulawesi Tengah.

Selanjutnya perlu desk khusus penanganan bencana di BPBD yang berkoordinasi lintas sektor, utamanya Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten menjadi leading sektor dalam menghadapi corona. Pengetatan pengawasan pintu masuk bukan hanya di bandar udara , tapi seluruh pelabuhan dan terminal kendaraan roda empat dengan menempatkan pos-pos pelayanan kesehatan serta pelayanan edukasi penanganan serangan virus corona.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas