Home Palu

Kodim 1306/Dgl Gelar Pembinaan Komsos Cegah Radikalisme

362
PEMBINAAN KOMSOS - Suasana kegiatan Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme Tahun 2020 di Kodim 1306/Donggala. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Perkembangan situasi nasional, global, dan internasional telah membawa dampak meningkatnya paham radikal di Indonesia. Dihadapkan dengan kondisi sosial masyarakat yang memiliki latar belakang suku, agama, ras serta budaya yang berbeda, dan pesatnya perkembangan teknologi digital, memungkinkan tumbuh kembangnya paham radikal, bahkan sampai menjadi tindakan atau aksi terorisme secara nyata di Indonesia.

Mengantisipasi dan mencegah muncul atau masuknya paham radikalisme/separatisme, dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat saat ini, Kodim 1306/Donggala menggelar kegiatan Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme Tahun 2020. Kegiatan yang digelar dengan tema “Merawat Kebhinekaan Untuk Tangkal Radikalisme/Separatisme Dalam Bingkai NKRI”, ini dilaksanakan Kamis, 6 Maret 2020, di Aula Sudirman, Makodim 1306/Donggala, Jalan Balai Kota Selatan, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Komandan Kodim (Dandim) 1306/Donggala, Kolonel Inf Widya Prastyo N. S.Pd dalam sambutannya menyampaikan  , wujud ketahanan wilayah yang kuat, dalam rangka tetap tegak dan utuhnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bergantung pada terwujudnya kesadaran tentang pentingnya kerjasama antar segenap komponen bangsa dalam pemahaman bahaya radikalisme/separatisme.

”Terwujudnya kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya radikalisme/separatisme, sangat bergantung pada kerjasama antara TNI AD, dengan segenap komponen bangsa dalam rangka mempertahankan ideologi Pancasila,” ucapnya.

“Salah satunya dengan peningkatan pemahaman Wawasan Kebangsaan Bela Negara dan Keagamaan, serta Kewirausahaan demi menjaga keutuhan  NKRI, sehingga terbentuk kepribadian dan jiwa kebhinnekaan serta nasionalisme,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 1306/Donggala, Mayor Inf Iko Power Sianipar, Kapolresta Palu diwakili Kasat Intel, AKP Syahrul Alamsyah, S.H., M.A.P, Pabung Sigi, Mayor Inf Tomy Herijanto, para Danramil jajaran Kodim 1306/Donggala, Perwakilan Kementrian Agama Kota Palu, Agustan Ahmad S.Ag, Para Babinsa, Pelajar, Mahasiswa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Budaya, Tokoh Pemuda, dan para tamu undangan lainnya. (*)

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas