Home Sulteng

BMKG: Waspadai Curah Hujan Intensitas Tinggi

197
Ilustrasi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Wilayah Sulawesi Tengah saat ini memasuki musim hujan, ditandai curah hujan dengan intensitas tinggi.

“Sejumlah daerah di Sulteng  diprediksi akan alami curah hujan dengan intensitas tinggi, seperti Kabupaten Tolitoli, Buol, Morowali dan Morowali Utara,” jelas Koordinator dan Analis Data Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Palu, Affan Nugraha di Palu.

Disebutkan, musim hujan ini disebabkan adanya peningkatan angin dari Samudera Pasifik bagian timur laut, serta adanya fenomena MJO (Madden Julian Oscilation) atau gangguan cuaca secara global yang berpengaruh di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Sulawesi Tengah.

Dikakatan, untuk Februari ini masih masuk dalam kategori musim hujan, sehingga intensitas curah hujan beberapa pekan ke depan akan sedikit meningkat dari biasanya.

Terkait dengan kondisi cuaca tersebut, pihaknya, mengimbau, untuk mewaspadai dampak dari meningkatnya curah hujan,yang berpotensi menyebabkan terjadinya bencana banjir. Menurutnya, musim hujan  baru akan berkahir pada pertengahan bulan depan.

“Diperkirakan musim hujan baru akan berakhir  pertengahan  Maret 2020,” jelasnya.

Reporter: Masruhim Parukkai

Ayo tulis komentar cerdas