Home Hukum & Kriminal

Kepala dan Mantan Kepala SMA di Poso Ditahan

254
ILUSTRASI - Tahanan. (Foto: Ist)
  • Kasus Dugaan Korupsi Uang Komite

Poso, Metrosulawesi.id – Kejaksaan Negeri Poso menahan Kepala SMA Negeri 1 Poso, H dan mantan Kepala SMA Negeri 1 Poso, M pekan lalu. Keduanya menjadi tersangka kasus dugaan korupsi dana pungutan pembiayaan pendidikan (PPP) yang sering disebut uang komite.

Kepala Seksi Intel, Kejari Poso, Eko Nugroho  yang dihubungi media ini membenarkan adanya penahanan terhadap kepsek dan mantan kepala SMA Negeri 1 Poso itu.

“Iya benar pekan kemarin adalah penyerahan kedua tersangka dan barang bukti kepada jaksa penuntut umum, dalam kasus korupsi punguntan dana pendidikan tersebut,” ujarnya.

Kata Eko setelah penyerahan kedua tersebut, tersangka langsung ditahan oleh pihak JPU di Rutan Poso. “Saat ini mereka langsung ditahan di rutan untuk 20 hari ke depan,” sebutnya.

Sebelumnya tersangka Kepsek SMA 1 Poso kepada media ini mengaku jika dirinya siap menghadapi proses hukum yang menimpa dirinya. Katanya, jika diteliti pungutan pendidikan di sekolah-sekolah lain juga marak dilakukan, namun mereka belum diperiksa.

“Pada dasarnya saya pak siap untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. Saya mengaku memang masih kurang memahami persoalan dasar hukum atau aturan pungutan di sekolah. Sebab sampai saat ini kami belum mengetahui juknis tentang hal itu dan belum pernah mendapatkan penjelasan soal itu dari instasi terkait,” katanya.

Sampai saat ini Kejaksaan Negeri Poso telah menetapkan kepala SMA Negeri 3 inisial S dan mantan kepala sekolah sebelumnya, sebagai tersangka dalam jenis kasus yang sama. Namun  keduanya belum dilakukan penahanan. Sementara itu kepala SMA Negeri 2  RL Poso saat ini sedang menjalani sidang dugaan korupsi penyalahgunaan dana BOS tahun anggaran 2015-2016 di Pengadilan Tipikor Palu.

Reporter: Syaipul Sulayapi

Ayo tulis komentar cerdas