Prof Mahfudz. (Foto: Dok)
  • Rektor Untad Ingatkan Tak Ada Perpanjangan Studi

Palu, Metrosulawesi.id – Mahasiswa angkatan 2013 Universitas Tadulako (Untad) memasuki akhir masa studi. Rektor Untad, Prof Dr Ir H Mahfudz MP, mengungkapkan masa studi angkatan 2013 berakhir Juni mendatang.

“Pokonya per 1 Juli, angkatan 2013 habis jatahnya (masa studi),” ungkap Rektor di Ruangannya, Senin, 17 Februari 2020.

Rektor membeberkan saat ini masih terdapat sekitar 1.400 orang mahasiswa angkatan 2013 di berbagai fakultas di lingkungan Untad. Dia mengingatkan mahasiswanya harus selesai tepat waktu karena tak ada lagi perpanjangan masa studi.

“Tidak ada lagi perpanjangan untuk menambah satu semester, ini yang kita harapkan,” ucap Prof Mahfudz.

Prof Mahfudz mengatakan pihaknya terus melalukan berbagai upaya agar mahasisiwa yang terancam DO bisa selesai. Salah satu upaya yang ditempuh memberikan kebijakan bagi mahasiswa yang tinggal ujian Skripsi.

Namun bagi mahasiswa yang masih memiliki banyak mata kuliah Untad hanya bisa membantu mengeluarkan surat pindah. Tujuannya agar mahasiswa tersebut bisa menuntaskan studi di kampus lain.

Langkah itu akan diambil sebelum masa studi angkatan 2013 berakhir pada 30 Juni mendatang. Masing-masing fakultas saat ini tengah mengidentifikasi mahasiswa angkatan 2013 yang masih bisa dibijaksanai.

“Ada fakultas yang mengatakan 90 persen bisa selesai, itu yang saya minta datanya saat rapat setiap hari Senin,” ujar Rektor.

Laporan yang diterima Rektor, beberapa mahasiswa angkatan 2013 yang dipastikan tidak bisa dibijaksanai disebabkan tidak membayar SPP tiga semester. Selain itu, kemungkinan lain mahasiswa telah menikah sehingga tidak melanjutkan kuliahnya. Rektor menambahkan angka mahasiswa drop out (DO) akan berdampak terhadap akreditas Untad. Olehnya, Untad dikatakan akan terus berupaya menekan DO dengan kebijakan memberlakukan semester antara dalam setiap semester.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas