Home Olahraga

SMANSA, SMADA dan ABSA 2016 Juara Tiga

344
Partai memperebutkan peringkat ketiga kategori pelajar SMA, tim tuan rumah SMANSA versus SMA Al Azhar B, di lapangan basket PERBASI Sulteng, Taman Gor Palu, Selasa (18/02/2020). (Foto: IS)
  • KBB XIX SMANSA 2020

Palu, Metrosulawesi.id – Perebutan tempat ketiga turnamen bola basket antar pelajar yang dikemas dengan nama KBB XIX SMANSA 2020, Selasa (18/02/2020) malam berakhir. Tiga tim basket yakni SMANSA (putra, SMADA putri serta alumni ABSA angkatan 2016 tampil sebagai juara ketiga.

Partai perdana yang digelar di lapangan basket PERBASI Sulteng, Taman Gor Palu,  perebutan posisi ketiga kategori pelajar SMA putra, tim tuan rumah, SMANSA menghadapi tim basket SMA Al Azhar B.

Foto bersama usai pertandingan, tim SMANSA dan SMA Al Azhar. (Foto: Ist)

Kuarter pertama dan kedua, tim tuan rumah mendominasi pertandingan, SMANSA yang diperkuat  Andika, Achmad Darul, Aditya Rangga, Afril, Andi, Mahmud, Muhmmad Fitrah, Muhammad Reza, Muh, Rafli, Muh. Syahfarul, Rahmat Zaki dan Syahrazi, unggul pada kuarter pertama dengan skor 13-6, di kuarter kedua dengan skor 30-21.

Memasuki kuarter ketiga, tim SMA Al Azhar mulai bangkit dan mengejar ketertingalan. Hasilnya, tim yang diperkuat Yuda, Marchel, Agil, Musli, Faiz, Hera, Nadil, sempat menyamakan kedudukan, bahkan unggul satu angka. Namun, tim SMANSA langsung menekan pertahanan anak-anak Al Azhar, dan menutup kuarter ketiga dengan skor 42-41.

Di kuarter keempat, kedua tim saling mengumpulkan angka. Tim SMANSA jelang lima menit terakhir, sempat tercecer akibat serangan balik Al Azhar. Pelatih, SMANSA, Fikri langsung mengintruksikan kepada anak asuhnya untuk tenang dan berani menerobos di depan ring lawan.

Taktik ini ternyata membuahkan hasil. SMANSA akhirnya menutup kemenangan dengan skor akhir 81-71. Praktis dengan hasil tersebut, SMANSA menempati peringkat ketiga kategori pelajar SMA.

Sukses meraih peringkat ketiga juga diraih tim SMADA pada kategori SMA putri. Tim asuhan pelatih Avin mengkandaskan perlawanan SMA Katolik. Kepiawaian para siswi SMADA terlihat pada kuarter ketiga dan keempat. Di kuarter ketiga, SMADA unggul dengan skor 30 – 26.

Di kuarter keempat, SMA Katolik yang dimotori Ebhy dan Adel mencoba mengejar ketertingalan. Kedua pemain penyumbang angka bagi timnya, hingga menempel ketat dalam perolehan angka. Sayang di detik-detik terakhir, tembakan three point Ebh,  gagal, hingga SMADA akhirnya menang dengan skor 55 – 51.

Tim basket SMANSA juara ketiga KBB XIX SMANSA 2020 kategori pelajar SMA. (Foto: Ist)

Sementara itu, perebutan peringkat ketiga kategori alumni, tim ABSA angkatan 2016 akhirnya tampil sebagai juara ketiga, setelah mengalahkan tim alumni SMADA dengan skor akhir 81 – 71.

Kemenangan para mantan pelajar SMANSA ini, diunggulkan memenangkan pertandingan. Diperkuat  Toyip, Daus dan Putu, dari empat kuarter yang dimainkan, hanya kuarter kedua sempat disalip tim SMADA. Kuarter pertama  ABSA unggul dengan skor 24 – 18, di kuarter kedua SMADA unggul  39 – 35.  

Memasuki kuarter ketiga dan keempat, ABSA 2016 yang menyandang juara bertahan dua tahun berturut-turut ini, langsung memegang kendali permainan. Di kuarter ketiga ABSA unggul 63 – 50, dan ditutup pada kuarter kempat dengan skor akhir 81 – 71. (is)

Hasil Pertandingan Perebutan Peringkat Ketiga

SMANSA                   Vs                    SMA Al Azhar            55 – 51

SMADA                     Vs                    SMA Katolik              37 – 35

SMADA                     Vs                    ABSA 2016                81 – 71

JADWAL PERTANDINGAN

Rabu, 19 Pebruari 2020

SPENSA A Palu                     Vs                    SPENTI  Palu   (Final)

ABSA 2012                            Vs                    ABSA 2017     (Final)

Ayo tulis komentar cerdas