Home Sulteng

Sensus Penduduk 2020, Diskominfo Sulteng Siapkan Wifi Gratis

278
BERI KETERANGAN - Kepala Diskominfo Provinsi Sulteng, Hj Faridah Lamarauna, saat memberikan keterangan kepada awak media di Palu, Jumat, 14 Februari 2020. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan wifi gratis bagi masyarakat yang terkendala jaringan internet dalam pengisian data sensus penduduk online tahun 2020.

Kepala Diskominfo Provinsi Sulteng, Hj Faridah Lamarauna, mengungkapkan wifi gratis tersebut sebagai wujud nyata dukungan dinas yang dipimpinnya dalam menyukseskan sensus penduduk. Sebab Diskominfo turut digandeng oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dalam pelaksanaan sensus penduduk.

“Kami menyiapkan hotspot 20 Mbps di ruangan terbuka di sekitar kantor Diskominfo,”
ungkap Faridah didampingi di Palu, Jumat, 14 Februari 2020.

Kantor Diskominfo Provinsi Sulteng berada di Jalan Kartini Palu, tepatnya di depan Kantor LPP RRI. Wifi gratis yang disiapkan Diskominfo dipastikan terbuka untuk umum dan bisa diakses 24 jam selama pelaksanaan sensus penduduk online.

Sensus penduduk online sendiri akan dimulai hari ini, Sabtu, 15 Februari sampai 31 Maret mendatang melalui website sensus.bps.go.id. Pada tahap ini, diharapkan masyarakat Sulteng dapat menyampaikan informasi secara online.

Faridah mengimbau bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan wifi gratis di Diskominfo harus terlebih dahulu menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga. Itu karena data utama yang dibutuhkan dalam sensus penduduk online yakni NIK dan nomor KK.

“Tentunya sebelum ke Dinas Kominfo untuk mengisi data secara online harus mempersiapkan data-data yang diperlukan. Kalau yang sudah menikah harus mempersiapkan nomor buku nikah. Dengan begitu sekali mengisi bisa langsung selesai, tidak tertunda-tunda lagi,” ucap mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sulteng itu.

Dia menuturkan bagi masyarakat yang belum sempat atau belum bisa melakukan pengisian data secara online akan dilayani secara langsung oleh petugas BPS mulai 1 sampai 31 Juli 2020. Faridah menambahkan bentuk dukungan lain yang disiapkan dinasnya yaitu penyampaian informasi seputar sensus penduduk tahun 2020 melalui Muliti Display Information (MDI)/videotron yang berada di Jalan Sultan Hasanuddin Palu, tepatnya di depan kantor Bank Sulteng. Pengelolaan MDI ini dipercayakan kepada Diskominfo Provinsi Sulawesi Tengah.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas