Personil Sat Lantas Polres Palu, saat menggelar giat pemeriksaan kendaraan bermotor (Ranmor) secara rutin. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara di Kota Palu, Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Palu, Senin 10 Februari 2020, kembali menggelar razia kendaraan bermotor (ranmor). Razia kali ini dilaksanakan di Jalan Hasanudin, Kota Palu. Puluhan kendaraan roda dua dan roda empat kedapatan tidak dapat menunjukan kelengkapan surat-surat kendaraan, atau kelengkapan pengemudi dalam berkendara.

Kasat Lantas Polres Palu, Iptu M. Abdhi Hendriyatna, S.IK, saat ditemui di Mapolres Palu, menjelaskan, razia yang dilaksanakan itu dipimpin oleh KBO Satlantas Polres Palu, Ipda Made Antera.  Pihaknya pun rutin melakukan giat pemeriksaan terhadap kendaraan bermotor, yang pelanggarannya terlihat langsung dengan mata.

“Kami memberikan tindakan tegas, dengan tilang terhadap pengendara yang kedapatan melakukan pelanggaran, termasuk ada beberapa kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot bogar,” ucapnya.

“Untuk pelanggaran lainnya, kami menahan surat-surat saja, seperti SIM atau STNK, sedangkan untuk kendaraan yang terjaring menggunakan knalpot bersuara bising (bogar), kami melakukan penyitaan kendraaannya,” ucapnya.

Kasat Lantas Iptu M. Abdhi Hendriyatna, S.IK,  mengimbau kepada masyarakat  agar dalam berkendara, lebih disiplin, dengan melengkapi surat-surat kendaraan yakni STNK, dan membawa Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Kemudian untuk pengendara motor, gunakan helm standar untuk meminimalisir risiko saat terjadi kecelakaan. Jangan menggunakan knalpot yang dimodifikasi, karena dapat menggangu kenyamanan pengendara lain,” imbaunya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas