Home Ekonomi

Corona Tak Pengaruhi Ekspor Ikan Sulteng

273
Moh. Arif Latjuba. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)
  • DKP Dorong Swasta Ekspor Langsung dari Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tengah, Moh. Arif Latjuba, mengungkapkan virus corona yang melanda sebagian China tidak berpengaruh terhadap sektor perikanan Sulteng. Saat ini ekspor perikanan Sulteng dikatakan tetap jalan.

“Dampak pembelian ikan kita tidak terjadi karena tujuan ekspor perikanan Sulteng bukan hanya China, ada banyak negara lainnya, diantaranya Jepang,” ungkap Arif di Palu, Kamis, 6 Februari 2020.

Dia mengatakan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng terus mendorong pihak swasta agar meningkatkan kualitas ekspor ikan. Selain itu, pihak swasta juga didorong agar melakukan ekspor tanpa melalui pelabuhan perikanan Makassar.

“Kita (Dinas Kelautan dan Perikanan) bukan eksportir, yang ekspor itu pihak swasta, makanya kita dorong. Pihak swasta kami dorong tidak usah lagi ekspor lewat Makassar, langsung dari Sulteng saja, biar masuknya ke kita,” ucap mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng itu.

Sebelumnya diberitakan, sepanjang tahun 2019 ekspor perinakan Sulawesi Tengah mencapai 682 ribu ton lebih. Nilai ekspor tersebut dalam nominal USD mencapai 3.763.124 melampaui target dari yang ditetapkan sebesar USD 3.200.000.

“Alhamdulillah, realisasinya 117,60 persen melampaui target RPJMD. Setelah disandingkan dengan data statistik memang nilai ekspor kita secara umum naik, termasuk di sektor tambang dan smelter,” ungkap Arif di ruang kerjanya.

Dia merincikan jenis komoditi perikanan yang diekspor dari Sulteng terdiri atas gurita beku dengan volume 514.069,78 kilogram senilai USD 2.917.790,67, fillet ikan beku 68.996,06 kilogram senilai USD 381.180,16, dan sotong beku 99.735,00 kilogram senilai USD 464.153,19. Negara tujuan ekspor yaitu Prancis, China, Malta, USA, Vietnam, Slovenia, dan Reunion.

Arif menyebut realisasi tahun 2019 juga meningkat dibanding tahun 2018 yang mencapai nilai USD 3.630.475,19. Untuk target capaian nilai ekspor tahun 2020, pihaknya masih akan melihat beberapa penyesuaian.

Selain itu, DKP juga akan berupaya mendorong beberapa pihak yang terlibat untuk bersama-sama mendorong peningkatan nilai ekspor perikanan Sulteng. Hal ini memerlukan dukungan semua pihak, utamanya eksportir kalangan swasta.

“Untuk target tahun ini tidak jauh beda, masih mengacu pada angka capaian sebelumnya. Tapi kita optimis akan ada peningkatan,” tandasnya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas