Home Palu

Mobil Pintar Pemilu Bantu Sosialisasi Pilkada

240
Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu meluncurkan Mobil Pintar Pemilu (MPP) untuk membantu mensosialisasikan seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkda) Kota Palu tahun 2020. Peluncuran MPP dilakukan langsung Ketua KPU RI, Arief Budiman, di halaman kantor KPU Kota Palu, Jumat 7 Februari 2020.

Arief Budiman mengapresiasi langkah KPU Kota Palu menggunakan mobil pintar untuk pemilihan gubernur dan wali kota Palu. Tidak banyak daerah menggunakan strategi MPP di Pilkda.

“Tidak banyak daerah yang menggunakan MPP untuk mensooialisasikan tahapan pemilihan kepala daerah dan meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Arief.

Menurut Arief, ada dua cara meningkatkan partisipasi pemilih mendatangi langsung atau mengundang mereka menghadiri dan mengikuti kegiatan tahapan pilkada.

“MPP bisa jadi solusi untuk meningkatkan partisipasi pemilihan melalui sosialisasi pendidikan pemilih secara mobile,” ujarnya.

Arief berharap MPP dimaksimalkan oleh KPU Kota Palu demi suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak, baik Pilgub maupun pemilihan wali kota.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, menerangkan bahwa MPP akan dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi tahapan dan pendidikan pemilih. Melalui MPP KPU Kota Palu akan menyasar tempat-tempat berkumpulnya masyarakat sebagai lokasi sosialisasi dan pendidikan pemilih, utamanya pemilih muda dan pemula.

“Seperti ke warkop-warkop. MPP ini akan dilengkapi dengan proyektor digital, jadi bahan sosialisasi tahapan pemilihan dan pendidikan pemilih akan ditayangkan di proyektor saat sosialisasi berlangsung,” ujarnya.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas