Home Politik

Hidayat Bawa Nama Bartho dan NDB ke PDIP

1004
Bartholomeus Tandigala - Hidayat Lamakarate - Nurmawati Dewi Bantilan. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Nama bakal pasangan calon pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2020 di Sulawesi Tengah satu per satu mulai nampak jelas.  

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Tengah Muharram Nurdin, membocorkan salah satu nama bakal calon gubernur yang telah membawa nama bakal pasangannya agar bisa mendapatkan rekomendasi partai untuk maju pada Pilgub mendatang.

Bakal calon tersebut adalah Hidayat Lamakarate. Figur yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah itu membawa dua nama ke DPD PDIP, yakni nama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah Bartholomeus Tandigala, serta politikus sekaligus tokoh perempuan Nurmawati Dewi Bantilan (NDB) sebagai bakal calon pasangannya.

“Dia bawa nama Bartho dan Dewi (NDB), itu nama bakal calon wakil Hidayat yang sudah diajukan ke PDIP. Partai koalisi yang ditawarkan Gerindra,” ungkap Muharram saat ditemui di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah, Senin 3 Februari 2020.

Meski begitu, Hidayat Lamakarate belum melengkapi dokumen syarat maju secara berpasangan di PDIP.

Muharram menyebut baru ada satu bakal calon yang sudah mendaftar secara berpasangan dan melengkapi seluruh dokumen persyaratan.

“Yang lengkap itu baru Cudi-Ma’mun (Rusdi Mastura-Ma’mun Amir). Dia sudah lengkapi berkas, termasuk rekomendasi dari Nasdem,” katanya.

Pasangan Cudy-Ma’mun merupakan bakal calon pertama yang secara terang-terangan memastikan diri bakal maju secara berpasangan pada Pilgub nanti. Sementara nama lain bakal calon gubernur yang juga sudah memberikan bayangan bakal wakilnya adalah Anwar Hafid.

Anwar Hafid yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi XI DPR RI kepada media ini sebelumnya menyebut tiga nama, Sigit Purnomo Said (Pasha), Rusldi Baco Dg Palabi dan Habsayanti Ponulele merupakan tiga figur yang intens menjalin komunikasi terkait niatan bakal maju berpasangan pada Pilgub 2020.

Dikonfirmasi terkait dua nama bakal calon pasangannya itu, Hidayat belum memberi jawaban hingga berita ini diterbitkan.

Reporter: Tahmil Burhanuddin

Ayo tulis komentar cerdas