Home Palu

Wali Kota Minta UCLG ASPAC Bantu Pengembangan Hutan Kota

147
RAPAT - Wali Kota Palu, Drs. Hidayat, M.Si, saat rapat bersama Sekjen UCLG ASPAC, DR. Bernadia Irawati Tjandradewi di Kompleks Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis, 30 Januari 2020. (Foto: Humaspemkot)

Palu, Metrosulawesi.id – Saat rapat bersama Sekjen UCLG ASPAC, DR. Bernadia Irawati Tjandradewi di Kompleks Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis, 30 Januari 2020, Wali Kota Palu, Drs. Hidayat, M.Si, meminta secara khusus agar UCLG ASPAC membantu pengembangan Hutan Kota Kaombona.

“Lokasi hutan kota itu akan dijadikan sarana belajar dan edukasi bagi masyarakat, peserta didik, dan pemerintah  di Kota Palu terkait ketangguhan Kota Palu dalam menghadapi bencana,” kata Hidayat.

Beberapa program bantuan UCLG ASPAC untuk Kota Palu dibahas dalam rapat tersebut. UCLG ASPAC akan memberikan bantuan selama masa rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Kota Palu. Kerjasama UCLG ASPAC dengan Pemkot Palu diinisiasi oleh Asosiasi Pemerintah Kota dari Perancis (CUF) melalui aksi solidaritas pascabencana Kota Palu.

Adapun program yang akan dilaksanakan yakni bantuan peningkatan kapasitas (learning) untuk Pemkot Palu berupa training dan lokakarya dengan target utama ASN kota Palu serta sasaran edukasi adalah masyarakat.

Selain itu, bantuan langsung kelompok masyarakat terdampak bencana sesuai prioritas Pemkot Palu. Dalam hal ini, Wali kota menyarankan untuk membantu nelayan atau masyarakat pelaku UMKM lainnya agar ekonomi segera pulih.

Selanjutnya, pembangunan Memorial Park di wilayah Zona Merah Kelurahan Balaroa. Lokasi ini dipilih atas rekomendasi dari PUPR dan Bappenas yang diharapkan tidak hanya sebagai monumen, namun berfungsi sebagai tempat edukasi kesadaran dampak bencana likuefaksi bagi masyarakat Kota Palu.

Sementara itu, Sekjen UCLG ASPAC, Bernadia Irawati menyampaikan, bahwa UCLG ASPAC dapat membantu koordinasi atau menjembatani pihak NGO yang ada di Kota Palu dengan pihak Pemerintah Kota dalam mengidentifikasi program-program yang sudah atau sedang berlangsung.

Bernadia juga meminta dukungan secara langsung kepada Wali Kota Palu agar dapat memfasilitasi program bantuan UCLG ASPAC kurang lebih 150.000 Euro, supaya segera berjalan. Bernardia juga  meminta tim khusus dari pihak Pemerintah Kota Palu untuk membantu proses kegiatan selama Tahun 2020. Turut hadir dalam rombongan Pemerintah Kota Palu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, Ridwan Karim, bersama jajarannya.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas