Home Palu

SNMPTN Untad Siapkan 2.116 Kuota

BERI KETERANGAN - Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Dr Lukman Nadjamudin, didampingi Humas LTMPT Untad, Yutdam Mudin, dan Ketua UPT TIK Untad, Dr Nurhayadi M.Si saat memberikan keterangan pers di Ruang Rapat Rektorat Untad, Jumat, 31 Januari 2020. (Foto: Dok Humas Untad)
  • Warek: Pendaftaran Mulai 14 Februari

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) mendapat kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 2.116 orang. Wakil Rektor (Warek) Untad Bidang Akademik, Dr Lukman Nadjamudin, menerangkan pendaftaran SNMPTN dimulai 14 hingga 27 Februari 2020.

“Saat ini pelaksanaan SNMPTN sedang dalam tahapan pemasukan nilai dan pemeringkatan siswa oleh sekolah yang dimulai tanggal 15 Januari sampai tanggal 8 Februari,” terang Lukman kepada awak media di Ruang Rapat Rektorat Untad, Jumat, 31 Januari 2020.

Kuota tersebut tersebar pada 51 program studi fakultas-fakultas di lingkungan Univesitas Tadulako. Khusus tahun ini, Untad ada penambahan satu program studi (prodi) yaitu Teknik Lingkungan yang baru dibuka tahun lalu.

Lukman mengatakan bagi sekolah yang sudah melakukan finalisasi data yang input di masing-masing akun sekolah, maka siswa yang masuk dalam pemeringkatan dan layak untuk mendafar SNMPTN akan diumumkan lewat akun siswa.

“Siswa yang dinyakan lulus SNMPTN akan diumumkan pada tanggal 4 April 2020,” ujar Lukman.

Dia mengimbau peserta yang lulus melalui jalur SNMPTN di Untad mengakses https://untad.ac.id/ untuk mengetahui informasi pendaftaran ulang. Adapun informasi resmi tentang penerimaan mahasiswa baru, termasuk SNMPTN dapat diakses pada https://tmpt.ac.id/.

Jalur penerimaan mahasiswa baru di Untad melalui tiga jalur yaitu SNMPTN sendiri yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

Jalur kedua melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Jalur terakhir melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) yang dilaksanakan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri termasuk Universitas Tadulako.

Lukman mengharapkan sekolah dan siswa bisa segera memanfaatkan waktu untuk mendaftar melalui jalur SNMPTN. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan yang bisa membuat gangguan server website.

“Biasanya-kan begitu, nanti dekat akhir-akhir baru memasukkan data-data yang diperlukan,” tandas Lukman.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas