Ansyar Sutiadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi, mengatakan, terkait penghapusan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di jenjang SD. Dirinya menugaskan Kepala Bidang SD untuk berkoordinasi ke Kemendikbud RI.

“Kami ingin mengetahui seperti apa pola ujian sekolah, apakah polanya diserahkan kepada sekolah masing-masing seperti informasi yang beredar di media, atau seperti apa, jangan sampai kami salah langkah,” kata Ansyar, melalui ponselnya, Rabu, 29 Januari 2020.

Ansyar mengaku, hingga saat ini pihaknya belum menerima juknis (petunjuk teknis) mengenai pola ujian sekolah yang akan diterapkan nantinya.

“Maka dari itu saya tugaskan Kabid SD hari ini, untuk melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Kemendikbud RI, terkait USBN tersebut,” ujarnya.  

“USBN ini tujuanya untuk mengevaluasi hasil pembelajaran secara nasional, sehingga Kemendikbud mengetahui mutu sekolah, tetapi dengan adanya penghapusan USBN ini berarti otonomi sekolah untuk menilai proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas