Home Palu

Sampah Plastik di SMPN 5 Palu Mulai Berkurang

170
IMPLEMENTASI - Sejumlah siswa SMPN 5 Palu saat mengunakan Tupperware dan Tumbler di ruang kelas, salah satu implementasi pengurangan sampah plastik, belum lama ini. (Foto: Ist)
  • Siswa Bawa Tempat Makan-Minum ke Sekolah

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 5 Palu telah berupaya menyahuti imbauan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu tentang pengurangansampah plastik di sekolah. Olehnya itu sejumlah peserta didiknya masing-masing telah membawa tempat makanan (tupperware) dan tempat minuman (tumbler) ke sekolah.

Demikian dikatakan Kepala SMP Negeri 5 Palu, Ramlah M Siri, melalui ponselnya, di Palu, Selasa, 28 Januari 2020.

Ramlah mengaku, langsung melaksanakan imbauan Kadis Dikjar Kota Palu itu, khususnya pada semua kantin di sekolah, dengan melarang penjual membungkus (mengemas) makanan dengan plastik. Jika perlu makanan seperti nasi kuning atau lainnya menggunakan daun.

“Bahkan roti-roti yang biasanya dibungkus dengan plastik juga dilarang. Saya anjurkan makanan itu ditempatkan di piring, dan semua makanan harus masuk dalam lemari kaca,” ujarnya.

Selain itu, Ramlah menginstruksikan, siswanya membawa tempat makanan dan minuman masing-masing, dan para siswanya pun melakukan hal itu, sehingga ketika mereka berbelanja di kantin sekolah, para peserta didik membawa sendiri tempat makan dan minumnya itu.

“Jika siswa tidak membawa tempat makanannya, kantin sekolah tidak akan melayani mereka, ini adalah suatu komitmen SMPN 5 Palu dalam rangka menerapkan instruksi Kadisdikbud terkait dengan pengurangan pengunaan plastik,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas