Home Sulteng

Masyarakat Diimbau Jaga Pola Hidup

dr Muh Saleh Amin. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulteng mengimbau masyarakat menjaga pola hidup agar terhindar dari berbagai penyakit. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sulteng, dr Muh Saleh Amin, meyakini pola hidup dapat menjadikan tubuh seseorang tidak mudah terkena penyakit, terutama penyakit-penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes melitus, stroke, dan kanker.

Dia menuturkan, jika seseorang sudah terkena salah satu dari penyakit menular tersebut, biasanya akan menjalani pengobatan seumur hidup atau penyakitnya dapat kambuh kapan saja, jika menjalani pola hidup yang tidak benar.

“Makanya sebelum sakit, harus tahu bagaimana mencegah timbulnya penyakit tadi,” ujar dr Saleh, belum lama ini.

Ia menjelaskan, penyakit tidak menular terbangun dalam proses yang panjang. Faktor penyebab yang dapat dikendalikan adalah melalui pola hidup. Di antaranya yang paling menentukan adalah pola makan. Bertahun-tahun menjalani pola makan yang keliru, maka akan mempermudah timbulnya penyakit.

“Misalnya terlalu banyak karbohidratnya, kadar gulanya, garamnya, atau lemaknya, akan memicu penyakit-penyakit tidak menular. Tapi itu terbangun dalam jangka waktu yang panjang,” urainya.

Selanjutnya terkait aktivitas fisik. Muh. Saleh menyebutkan, kurangnya aktivitas fisik atau olahraga dapat memicu penyakit tidak menular. Hal itu karena kurangnya tubuh bergerak dapat organ-organ tubuh tidak lancar menjalankan fungsinya. Olehnya, dianjurkan untuk menyempatkan olahraga rutin minimal 30 menit tiap hari.

“Makanya sekarang ada Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), yang salah satu poinnya adalah olahraga,” pungkas Saleh.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas