WabupParimo, Badrun Nggai, meluncurkan program pengentasan stunting dengan pemanfaatan buah kelapa, di Desa Tandaigi Kecamatan Siniu, Jumat 24 Januari 2020. (Foto: Istimewa)

Parimo, Metrosulawesi.id – Wakil Bupati (Wabup) kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Badrun Nggai, meluncurkan program pengentasan stunting dengan pemanfaatan buah kelapa dalam rangka hari gizi nasional yang dirangkaikan dengan Milad Baznas ke-19 yang bertempat di Desa Tandaigi Kecamatan Siniu Jumat 24 Januari 2020.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Irfan Syauqi Beik mengatakan, bahwa pencegahan stunting  salah satunya dengan mengkonsumsi biskuit blondo dan minyak VCO ini mengambil bahan baku dan diolah dari kelapa.

“Jadi di sekeliling kita ini banyak hal yang kalau kita bisa optimalkan maka bisa membantu masalah gizi dan di sisi lain bisa menambah penghasilan masyarakat. Saya kira biskuit blondo ini bisa menjadi salah satu merek untuk produk olahan makanan bernilai gizi tinggi dan ini bisa mensuplai di wilayah-wilayah lainnya selain Parigi Moutong,” ungkap Irfan.

Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai mengatakan, kegiatan ini mencegah dan menurunkan angka penderita stunting dan gangguan gizi di Parigi Moutong.

“Saya berharap meningkatnya peran serta masyarakat dan aparat desa dalam melakukan pencegahan dan penanganan stunting juga gangguan gizi lainnya,” ungkap Badrun.

Badrun Nggai mengatakan, kepada masyarakat akan diberi pelatihan VCO dan pelatihan pembuatan biskuit blondo.

“Sehingga Masyarakat harus tahu bahwa biskuit blondo bahan bakunya dari sisa sari minyak kelapa, karena perlu kita ketahui gizinya paling baik untuk pencegahan stunting. Untuk itu, saya atas nama pemerintah daerah Parigi Moutong terus mendukung program ini,  karena selain untuk gizi, biskuit blondo ini juga menjadi sumber pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan di daerah kita ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri kepala OPD Parimo, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Irfan Syauqi Beik, kepala BAZNAS Provinsi Sulteng, kepala BAZNAS dan Camat Siniu. Dan dalam Peluncuran program pengentasan Stunting itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas