Home Palu

Expozhar 2020 Sajikan Ragam Stan Menarik

257
Kepala SMP Al Azhar Mandiri Palu, Abdul Basit, saat memberikan sambutan pada pembukaan Expo Zhar, Jumat, 24 Januari 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Basit Tekankan Siswa Jauhi Narkoba

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Al Azhar Mandiri Palu, kembali menggelar event tahunannya, yakni Expo Zhar 2020. Event seru garapan siswa dan guru itu menyajikan deretan stan, mulai dari yang bikin kaget seperti Rumah Hantu, hingga stan yang bikin takjub pengunjungan, seperti Stan Sains.

Kegiatan Expo Zhar itu bekerjasama dengan berbagai sponsor, mulai dari perusahaan industri maupun pemerintahan, diantaranya Telkomsel, Penerbit Erlangga, serta Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulteng.  

Kepala SMP Al Azhar Mandiri Palu, Abdul Basit, dalam sambutanya menegaskan kepada peserta didiknya agar jangan mudah terpengaruh dengan barang haram narkoba. Jika sekali saja terpangaruh, maka hancurlah masa depan.

“Jangan pernah berpikir untuk di rehabilitasi. Tetapi bagi saya, yang perlu ditekankan jangan dimulai sama sekali. Pengaruh ini biasanya awalnya dari teman, untuk itu dalam tata tertib SMP Al Azhar, bagi siswa yang berteman dengan orang yang tidak jelas pendidikannya, atau mengarahkan untuk rusak, maka siswa itu akan mendapatkan sanksi,” imbuh Basit, di Palu, Jumat, 24 Januari 2020.

Bahkan kata Basit, jika ada siswa SMP Al Azhar yang mencoba menggunakan narkoba, langsung di keluarkan, bukan lagi di proses membuat perjanjian, karena memang tata tertib di sekolah ini sudah ditanda tangani oleh orang tua diatas materai.

“Kami juga mungkin akan bekerjasama dengan BNN untuk melakukan tes urine. Dan begitu ketahuan ada siswa menggunakan barang tersebut, maka langsung keluar dari Al Azhar, dan tidak ada lagi yang namanya pembinaan,” katanya.

Maka dari itu, Basit mengingatkan jangan pernah coba-coba berteman dengan orang yang tidak jelas, sebab narkoba selalu mulainya dari teman ataupun orang yang ingin menjebak, misalnya melalui gula-gula, dan lainnya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada BNN, karena kita harus selalu memperingati anak-anak kita, bahkan orang dewasa sekalipun juga diperingati tentang bahanya narkoba,” ungkapnya.

Selain itu, kata Basit, kegiatan Expo Zhar kali ini menyajikan beragam kegiatan diantaranya, bazar, pameran, dan lainnya. Bahkan yang menjadi favorit adalah Rumah Hantu, dan perpustakaan.

“Di dalam perpustakaan SMP Al Azhar Mandiri Palu ini disiapkan beragam buku dan komputer khusus untuk membaca elektronik (digital book). Jadi para siswa tidak perlu lagi repot-repot membaca buku kertas, tetapi bisa membaca secara digital. Selain itu dilengkapi dengan internet untuk mencari informasi. Bahkan ada TV khusus Youtube untuk mencari yang sifatnya game, tetapi mendidik,” jelasnya.

Menurut Basit, pengunjung perpustakaan diutamakan siswa kelas VI SD, ataupun kelas V dan IV.

“Tetapi melihat kapasitasnya lagi, jika terlalu banyak pengunjung, mungkin akan dibuka sistem antrean,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas