Dr. Rohani Mastura. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Dispusarda Sulteng, Dr. Rohani Mastura, mengungkapkan, dalam rangka menindaklanjuti Surat Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Perpusnas RI mengenai usulan akreditas perpustakaan, pihaknya akan turun ke perpustakaan di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

“Pemerintah Daerah (Pemda) provinsi Sulteng, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, akan turun ke sejumlah perpustakaan di Kota Palu dan Kabupaten Sigi untuk mensurvei atau mengecek, sebelum tim dari pusat datang untuk menilai akreditasinya,” kata Rohani, di ruang kerjanya, Selasa, 21 Januari 2020.

Kata Rohani, perpustakaan yang akan dikunjungi sesuai usulan, yakni perpustakaan desa, sekolah, pemerintahan dan perguruan tinggi di wilayah Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

“Untuk di Kota Palu, ada 11 perpustakaan sekolah yang akan dinilai akreditasinya, diantaranya lima SD, kemudian SMP/MTs ada enam, dan perpustakaan SMK, SMA, serta MA ada lima, sementara perpustakaan perguruan tinggi adalah, IAIN, Untad, Poltekes,” katanya.

Sementara untuk perpustakaan khusus, kata Rohani, yang akan ditinjau untuk meraih akreditasi, yakni Perpustakaan Biro Hukum, Setda Provinsi Sulteng, dan Perpustakaan BPKP Palu.

“Sedangkan untuk perpustakaan di Kabupaten Sigi, ada empat perpustakaan SD, lima SMP/MTs, dan lima SMK, SMA, dan MA, kemudian lima perpustakaan desa. Insyaallah kami akan turun pada 27-30 Januari 2020, sebelum tim Perpusnas RI datang ke Sulteng,” ujarnya.

“Yang menentukan nilai akreditas dari perpustakaan itu adalah pusat, kami dari Pemda Sulteng hanya mengusulkan mana saja perpustakaan yang perlu diakreditasi,” ungkapnya.

Rohani berharap, perpustakaan yang akan dinilai lebih mempersiapkan diri, utamanya dalam perbaikan fasilitas pelayanan.

“Buku-buku di dalam perpustakaan perlu dirapikan, sehingga tim dari pusat dapat menilainya secara lancar,” jelasnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas