JALIN KEMITRAAN - Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Nilam Sari Lawira beserta sejumlah anggota DPRD Sulteng menyambangi Mako Kepolisian Daerah Sulteng. (Foto: Ist)
  • Sambangi Danlanal dan Kapolda

Palu, Metrosulawesi.id – Ketua DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), Nilam Sari Lawira, memimpin rombongan anggota DPRD Sulteng melawat ke Mako Angkatan Laut Palu dan Mako Kepolisian Daerah Sulteng, Selasa 21 Januari 2020. Lawatan ini untuk memperkuat hubungan kemitraan antara Lanal Palu dan Polda Sulteng.

Nilam Sari Lawira dihadapan Danlanal Palu, Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, SE, M.Tr. Hanla mengatakan, untuk memperkuat hubungan kemitraan tidak ada lgi istilah gengsi jabatan. Karena saat ini DPRD yang memiliki waktu luang, maka kesempatan itu digunakan untuk bersilaturahmi dengan pimpinan lembaga vertikal, dimulai dari Lanal Palu.

“Kesempatan ini kami manfaatkan untuk bersinergi dengan mitra DPRD Sulteng, maka dari itu kami menginisiatif mengunjungi Lanal Palu. Alhamdulillah kedatangan kami disambut dengan baik oleh Danlanal,” tutur Nilam sari saat memulai pembicaraan dengan Danlanal Palu.

Dalam pertemuan itu, Nilam sari menanyakan soal kondisi laut Sulteng. DPRD Sulteng akan memberikan dukungan penuh kepada Lanal Palu dalam menjaga laut Sulteng, khususnya dari pencurian maupun perusakan lingkungan.

Danlanal Palu, Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi SE, M.Tr. Hanla dihadapan anggota DPRD Sulteng menyampaikan kondisi laut Sulteng sejauh ini kondusif dan aman, hanya ada beberapa perilaku penangkapan ikan yang menggunakan cara-cara terlarang.

“Secara umum laut Sulteng aman, tidak ada pencurian ikan maupun ancaman lainnya. Cuma beberapa tindakan warga yang mengambil ikan dengan cara terlarang, tetapi jumlahnya tidak banyak. Lanal Palu selalu siap dalam mendukung keamanan dan pertahanan di laut untuk pembangunan di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah” tutur Danlanal.

Pada kesempatan itu juga, Danlanal memaparkan kondisi laut secara seluruhnya dihadapan anggota dewan. Dia juga mengapresiasi dukungan DPRD Sulteng terhadap kerja-kerja Lanal Palu.

Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Nilam Sari Lawira beserta sejumlah anggota DPRD Sulteng menyambangi Mako Angkatan Laut Palu. (Foto: Ist)

Usai mengunjungi Lanal Palu, rombongan wakil kemudian bersilaturahmi dengan Kapolda Sulteng di hari yang sama. Pertemuan dengan Kapolda Sulteng juga untuk menguatkan hubungan kemitraan dan saling mendukung tuga masing-masing untuk kemajuan Sulteng.

Pada pertemuan itu, DPRD Sulteng memberikan selamat atas naik tipe Polada Sulteng menjadi Polda tipe A. Kenaikan tipe ini diharapkan juga terjadi dilembaga vertikal lainnya seperti TNI.

Pertemuan itu juga membahas soal persiapan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020, dimana untuk Sulteng terdapat delapan kabupaten/kota melaksanakan Pilkad ditambah dengan Pilgub 2020. DPRD Sulteng memberi dukungan penuh kepada Polada Sulteng dalam menjaga keamanan.

Sementara itu, Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs H Syafril Nursal, SH, MH mengapresiasi kunjungan pimpinan dan anggota DPRD Sulteng. Syafril berharap hubungan kedua lembaha semakin kuat dalam membangun Sulteng kedepan.

Pertemuan yang berlangsung hangat tersebut banyak membicarakan kondisi Sulteng terkini dan kemungkinan yang akan terjadi kedepan khususnya dari sisi pengamanan, apalagi Sulteng akan menghadapi Pilkada serentak.

Dalam pertemuan itu, Nilam Sari Lawira didampingi beberapa anggota dewan diantaranya Ketua Komisi III DPRD Sulteg, Sonny Tandra, Sekretaris Komisi I DPRD Sulteng Ronald Gulla, Sekretaris Komisi II DPRD Sulteng Irianto Malinggong, Sekretaris Komisi IV I Nyoman Slamet, angota komisi I Ambo Dalle, Budi Luhur Larengi, Aminulla BK, Ellen Esther Pelelau dan anggota komisi II Enos Pasaua.

Turut juga dalam rombongan, Sekretaris DPRD Sulteng Tutty Zarfiana, Kabag Persidangan Wahid Irawan, Kasubag Humas dan Protokol Arsy Mahmud Pontoh, Kasubag Ranperda Luly Afianti.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas