Front Buruh Bersatu berunjuk rasa di Gedung DPRD Morowali. (Foto: Metrosulawesi/ Murad Mangge)
  • Buruh di Morowali Ajukan 8 Tuntutan

Morowali, Metrosulawesi.id – Ratusan orang yang mengatasnamakan Front Buruh Bersatu mendatangi kantor DPRD Kabupaten Morowali untuk menyalurkan aspirasinya, Senin 20 Januari 2020.

Pendemo mengajukan delapan poin tuntutan. Pertama, menolak Rancangan Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja (RUU- Cilaka) yang tidak melibatkan serikat buruh/ serikat pekerja.

Kedua, keluarkan klaster ketenagakerjaan dari RUU Cilaka. Ketiga, menolak penghapusan jumlah pasongan. Empat, menolak kenaikan tarif BPJS Kesehatan. Lima, segera dibentuk tim khusus klaster ketenagakerjaan. Enam, bentuk LKS Tripartit, Tujuh, segera diadakan mediator hubugan industrial dan delapan, membentuk kembali dewan pengupahan sesuai perundang-undangan.

Ketua DPRD Morowali Kuswandi yang menemui pengunjuk rasa mengakui sangat mengapresiasi pernyataan sikap dari massa front buruh. Dan, sebagai bentuk kebersamaan melihat RUU Cilaka, maka DPRD Morowali akan mengirim tuntutan ke Sekjen DPR-RI untuk membahasnya.

Di sisi lain, kata Kuswandi, ketika ditanyakan soal bagaimana sikap DPRD Morowali sendiri tentang persoalan RUU Cilaka tersebut, maka DPRD Morowali mempunyai pandangan yang sama atau sependapat dengan sikap yang disampaikan front buruh.

“Karena ini adalah tuntutan buruh, maka harus segera disampaikan ke tingkat pusat,” ungkap Kuswandi.

 Setelah mempelajari isi tuntutan, kata Kuswandi, dari delapan tuntutan itu tidak semua harus dibahas ke tingkat pusat dan ada beberapa poin permasalahannya dapat dibahas di daerah sendiri. Tetapi, tidak salah jika semuanya disampaikan ke pusat.

“Sebanyak empat poin pembahasannya harus ke tingkatan pusat,” ungkap Kuswandi.

Ketua DPRD Morowali Kuswandi didampingi beberapa anggota dewan, berdialog dengan perwakilan buruh. Tampak Kapolres Morowali yang  sekaligus memimpin pengamanan, serta kepala OPD dan pejabat Asisten Pemkab Morowali.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas