FOTO BERSAMA - Kepala SMPN 1 Palu, Farida Batjo, bersama dua pelajar peraih perunggu OLGENAS, dan guru pembina saat foto bersama di ruangan kepala sekolah, Senin, 20 Januari 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Dua pelajar SMP Negeri 1 Palu berhasil meraih medali perunggu di ajang Olimpiade Geografi Nasional (Olgenas) yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, belum lama ini.

Kepala SMPN 1 Palu, Farida Batjo, mengaku, sangat bersyukur atas prestasi yang diraih oleh dua siswa peraih medali perunggu tersebut, yakni Fredly Aristo Toding, yang duduk di kelas VIII, serta Qareniel Joyson Riryantou, siswa kelas VII.

“Kami merasa prestasi ini sangat membanggakan, sebab dalam mengikuti lomba tersebut, para siswa melalui tahapan yang cukup banyak, diantaranya tes tertulis, order learning (belajar di luar ruangan), serta  ujian mutimedia,” jelas Farida, di ruang kerjanya, Senin, 20 Januari 2020.

Farida mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti Olgenas itu sebanyak 69 tim se-Indonesia, SMPN 1 Palu masuk urutan ke-11.

“Kedua pelajar itu merupakan bibit-bibit yang disiapkan oleh sekolah untuk dipersiapkan mengikuti event-event nasional. Sebab keduanya masih duduk di kelas VII dan VIII, tentunya di tahun berikutnya masih bisa mengikuti ajang tersebut,” ujarnya.

Menurut Farida, keberhasilan ini tentunya sebuah pelajaran bagi SMPN 1 Palu, untuk ke depan lebih meningkatkan prestasi, sebab persaingan cukup berat dan luar biasa.

“Tentunya sekolah membutuhkan persiapan-persiapan yang matang, utamanya masalah dana, kami mengucapkan terimakasih kepada orang tua atau Molibu SMPN 1 Palu, sebab para siswa ini dapat dibantu biayanya untuk mengikuti ajang tersebut,” katanya.

Farida mengaku, dana sekolah sangat terbatas dalam pembiayaan pembinaan bakat prestasi siswa. Selama ini, pembina-pembina yang mengasah bakat siswa masih digaji dengan dana seadanya.

“Olehnya itu, kami berharap pemerintah dapat membantu SMPN 1 Palu, paling tidak memberikan BOS ekstra, jika memang itu diberikan, kami siap melengkapi syarat-syarat yang ditentukan, untuk mendapatkan dana BOS ekstra tersebut,” ungkapnya.  

Farida mengatakan, prestasi ini akan terus ditingkatkanya, bahkan ke depan, ada lagi siswanya yang akan mengikuti perlombaan di tingkat nasional.

“Saya pesan para peserta didik agar tetap semangat untuk mengembangkan bakatnya, hasil ini menjadi pembelajaran bagi siswa, sehingga ke depan bisa lebih meningkatkan lagi prestasi yang diraih. Sekali lagi, kami sangat mengucapkan terimakasih kepada Molibu yang telah membantu kami selama ini untuk bersama-sama membimbing siswa, semoga kebersamaan ini terus terjalin,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas