DIALOG - Suasana dialog notesa politik yang digelar LKP2D Korps Alumni HMI (KAHMI) Sulteng di Palu, Sabtu, 18 Januari malam. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulteng, Fahrudin Yambas, mengingatkan para kontestan Pilkada serentak yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat agar jangan terlalu banyak janji.

“Ini terkait masa waktu menjabat yang dimungkinkan hanya mampu tiga tahun efektif. Sementara problem masyarakat cukup banyak. Kita sudah diterpa bencana, apakah tiga tahun bisa menyelesaikan persoalan kebencanaan ini bisa selesai. Waktu kepala daerah tidak sampai lima tahun,” ujar Fahrudin dalam Dialog Notesa Politik di Palu, Sabtu, 18 Januari malam.

Dia mengungkapkan Kesbangpol terus memantau tahapan Pilkada serentak di Sulawesi Tengah. Sampai saat ini unsur pemerintah dalam kondisi yang kondusif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami senantiasa memantau tahapan yang terus berlangsung. Dalam rangka pengamanan, tentu pihak aparat bekerja keras menghindari adanya ancaman kerawanan Pilkada,” ucap Fahrudin.

Fahrudin menuturkan tahapan Pilkada saat ini sudah berjalan dengan baik dan beberapa hal telah difasilitasi Pemda untuk menyukseskan pesta rakyat ini. Pilkada serentak tahun ini merupakan fase kedua setelah Pilkada serentak 2015.

Dialog ini digelar Lembaga Kajian Publik, Politik dan Demokrasi (LKP2D) Korps Alumni HMI (KAHMI) Sulteng. KAHMI mendorong Pilkada di Sulteng harus diikuti kandidat berkualitas. Itu mengingat permasalahan di daerah yang akan melaksanakan Pilkada cukup kompleks, khususnya Sulawesi Tengah secara keseluruhan.

“Bicara adalah peradaban bagi kita untuk mengulas permasalahan yang ada sehingga pendidikan politik masyarakat adalah pendidikan gagasan,” ucap Direktur LKP2D KAHMI Sulteng, Dr Nur Alamsyah.

Dalam dialog tersebut, dihadiri Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husein, Akademisi Ekonomi Untad, Amiruddin Rauf, Akademisi Untad, Surahman Cinu, Sekretaris KAHMI Sulteng, Dr Muhammad Nur Sangadji DEA, Kasubbidpenmas Bid Humas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari, dan Akademisi Fisip Untad Dr Marzuki sekaligus moderator.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas