Home Palu

JCH Diimbau Segera Periksa Kesehatan

161
H Muhammad Isnaeni. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)
  • 80 Persen Telah Memberikan Konfirmasi

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, H. Muhammad Isnaeni, mengatakan, dari jumlah kurang lebih 600 orang jemaah calon haji Kota Palu, hampir 80 persen telah memberikan konfirmasi siap berangkat menunaikan ibadah haji pada 2020.

“Jadi ada sekitar 500-san orang telah melakukan pendaftaran kembali, kami telah mengimbau kepada jemaah calon haji yang diestimasikan berangkat tahun iniuntuk melakukan pendaftaran kembali atau konfirmasi, bahwa mereka siap diberangkatkan pada musim haji 2020 ini,” kata Isnaeni, di Palu, Minggu, 19 Januari 2020.

Menurut Isnaeni, dari 80 persen jemaah calon haji yang telah memberikan konfirmasi, sekitar 300 jemaah telah melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama.

“Untuk itu kepada jemaah calon haji kota Palu yang sudah menyatakan kesiapan untuk berangkat tahun ini, diharapkan segera melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama, karena jika jemaah itu dinyatakan lulus dalam pemeriksaan tahap pertama, maka pemerintah, melalui Dinas Kesehatan, akan kembali menyarankan untuk mengikuti tes kesehatan tahap kedua,” ujarnya.

Isnaeni mengatakan, tes kesehatan pertama maupun tahap kedua merupakan salah satu syarat untuk melakukan pelunasan ibadah haji.

“Bila jemaah itu dinyatakan memenuhi syarat kesehatan di tahap kedua, maka jemaah itu insyaallah berhak melunasi biaya ibadah haji. Namun Kemenag, dalam hal ini Direktorat Jendral haji belum menurunkan nama-nama yang berhak lunas,” katanya.

Isnaeni mengatakan, Kemenag Kota Palu dalam tahapan persiapan ibadah haji, telah mengumumkan estimasi nama-nama siapa saja yang berangkat ibadah haji tahun ini, tetapi yang menentukan nama-nama yang berhak lunas itu adalah Kemenag pusat.

“Jadi nama-nama yang berhak lunas itu akan di SK-kan oleh Direktorat Jendral Ibadah Haji dan Umrah, bahwa mereka itu dinyatakan berhak lunas. Mereka selanjutnya akan diarahkan untuk wajib melunasi biaya ibadah haji,” ujarnya.

Isaneni mengaku, untuk pemeriksaan kesehatan bagi jemaah calon haji, sejak akhir 2019 kemarin Dinas Kesehatan Kota Palu melalui puskesmas-puskesmas sudah membuka pemeriksaan kesehatan khusus jemaah calon haji.  

“Bahkan kami telah mengimbau kepada jemaah agar segera melakukan pemeriksaan tes tahap awal,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas