Tri Nugraha. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Rehabilitasi Rekonstruksi BPBD Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Tri Nugraha mengungkapkan, penyaluran bantuan tahap dua bagi korban bencana di Parimo akan disalurkan langsung ke rekening penerima yang rumahnya rusak sedang dan rusak ringan. 

“Sebelum proses pencairan, kurang lebih 36 orang tim pendamping percepatan pembangunan perumahan (TP4) rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana diberi pelatihan tentang juknis dan sistem penyaluran,” ungkap Tri Nugraha kepada sejumlah wartawan di Parimo, Sabtu 28 Januari 2020.

Lanjut dia, bahwa TP4 bertugas mendampingi masyarakat penerima sekaligus memverifikasi, validasi kaitan dengan rumah rusak sedang dan rusak ringan serta mendampingi pada saat proses pencairan nanti. 

“Rusak sedang akan menerima bantuan sebesar Rp25 juta, kemudian rusak ringan Rp10 juta. Yang mana itu semua sudah sesuai dengan juknis tahap dua. Dan adapun jumlah rusak sedang sebanyak 918 rumah dan rusak ringan 4.094,” tutur Tri sapaan akrabnya.

Tri menambahkan, bahwa para pendamping akan dibagi empat zona. Bank penyalurnya adalah Bank BRI, sehingga bagi masyarakat yang belum memiliki rekening BRI akan didampingi fasilitator bersama BPBD membuka rekening.

“Pendamping penerima akan dibagi empat zona, karena bank penyalur bantuan yakni Bank BRI dan penerima yang belum memiliki rekening BRI akan didampingi oleh fasilitator bersama kami,” pungkasnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas