Kapolres Palu AKBP H. Moch Sholeh, S.IK, saat memperlihatkan barang buti kepada awak media. (Foto : Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Janji Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Palu untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat Kota Palu yang masih terus berusaha untuk bangkit pasca bencana alam pada 2018 lalu, bukan hanya isapan jempol semata.

Terbukti hanya dalam kurun waktu 16 hari, sejak memasuki Tahun 2020, sudah puluhan pelaku tindak kejahatan dibekuk,  mulai dari tidak kejahatan curanmor, curas curat (c3), hingga pelaku penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang (narkoba) yang cukup meresahkan waraga Kota Palu.

Dalam gelar tersangka dan barang bukti yang dilaksanakan di Mapolres Palu, Kamis, 16 Januari 2020, Kepolisian Resor Palu beserta Polsek jajaran berhasil mengamankan pelaku C3 sebanyak 13 orang, dari pelaku Kasus Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan (Curas), Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dan Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), serta mengamankan belasan barang bukti tindak kejahatan, mulai dari sepeda motor hasil kejahatan, hingga berbagi barang lainya, yang digunakan para pelaku dalam menjalankan aksinya.

Kapolres Palu AKBP H. Moch Soleh S.IK, dalam kesempatan itu mengatakan, untuk para pelaku yang saat ini sudah kami tetapkan sebagai tersangka C3, ada yang masih pemain baru, dan sebagian besar merupakan pemain lama atau residivis di kasus yang sama, ada yang merupakan DPO, malahan ada juga yang baru beberapa bulan selesai menjalani masa hukumanya di Lapas Petobo, Palu.

“Dari para tersangka itu, ada beberapa yang kami tindak tegas dengan melumpuhkan tersangka, dikarenakan saat dilakukan penagkapan para tersangka itu mencoba melarikan diri dengan cara melawan petugas, dan juga mereka pemain lama. Kami harus tegas, kami tembak, dari pada kabur dan akan mencelakai anggota,” tambahnya.

Sementara itu, untuk kasus penyalahgunaan narkoba Polres Palu dan jajaran berhasil mengungkap dan mengamankan tujuh pelaku, dengan inisial DH(25), FA(38), HYT(24), HD(29), SDN(31), SY(32) dan SS alias Iful(33).

“Para tersangka ini, diamankan di beberapa lokasi di Kota Palu, mulai dari pengguna, kurir hingga pengedar narkoba jenis sabu dan ganja,”jelasnya.

AKBP H. Moch Soleh, menjelaskan dari beberapa pelaku tindak pidana narkoba yang berinisial SDN (31), HYT (24) dan SS alias Iful (33), diamanakn dengan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 50.46 gram, dan uang tunai sejumlah Rp.210 juta.

“Ketiga orang ini diamankan saat mengkonsumsi narkoba, dan kalau dilihat dari barang bukti yang diamankan, dugaan sementara mereka ini adalah pengedar narkoba. Saat ini kami masih melakukan penyelidikan untuk pengembangan, terkait asal puluhan gram narkoba tersbut,”ucapnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas