Paripurna pandangan fraksi atas usulan Ranperda pembentukan dan susunan perangkat Kabupaten Sigi. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sigi menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 5 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk dibahas ditingkat selanjutnya.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua I, Rahmat Saleh, S.Hut saat pimpin rapat paripurna tentang tata cara penyusunan program pembentukan peraturan daerah Kabupaten Sigi dan pandangan umum fraksi-fraksi terhadap penjelasan Bupati Sigi, di gedung utama DPRD Sigi, Senin, 20 Januari 2020.

Pada kesempatan itu juru bicara masing-masing fraksi membacakan pandangan umumnya melalui juru bicara fraksi.

“Pada prinsipnya masing-masing fraksi dalam pandangan umumnya dapat menyetujuinya,” kata Rahmat Saleh.

Sebelumnya, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H. Iskandar Nontji mewakili Bupati Sigi dalam rapat paripurna tersebut mengatakan pembentukan perda merupakan manifestasi kewenangan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah.

Kata Iskandar, peraturan daerah (perda) menjadi salah satu alat dalam melakukan transformasi sosial dan demokrasi sebagai perwujudan masyarakat daerah yang mampu manjawab perubahan yang cepat dan tantangan pada era otonomi dan globalisasi saat ini serta terciptanya good local governance sebagai bagian dari pembangunan yang berkesinambungan di daerah.

“Atas dasar itu pembentukan Perda harus dilakukan secara taat asas agar pembentukan perda lebih terarah dan terkordinasi,” ujarnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi

Ayo tulis komentar cerdas