Roland Franklin. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)
  • Dinkes Sigi Rutin Sosialisasi

Sigi, Metrosulawesi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sigi rutin melakukan sosialisasi untuk mencegah serta memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya di Desa Anca, Kecamatan Lindu terkait terjadinya penyakit diare masal beberapa waktu lalu.

“Dinas dan tim dokter sampi saat ini terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang penyakit diare,” ungkap Plt Kadis Kesehatan Sigi, Roland Franklin, Kamis, 16 Januari 2020.

Kata Roland, penyebab utama penyakit diare itu karena pengaruh konsumsi makanan dan minuman yang diduga mengandung kuman.

“Jadi pemahaman ini yang kita sosialisasikan kepada masyarakat, karena banyak isu beredar di masyarakat, diare bisa terjangkit lewat udara, padahal lewat makanan dan minuman,” ujarnya.

Roland juga mengungkapkan, penyebab terjadinya diare massal di Desa Anca beberapa waktu lalu tidak dapat dipastikan apa penyebabnya, dikarenakan sampel yang akan diperiksa di labkes BPPOM tidak ditemukan.

“Sampelnya tidak ada lagi, karena laporan kami terima hari Senin. Sampel yang diduga dari makanan acara pesta itu, hari Sabtu,” ungkapnya.

Diketahui, saat kejadian, pasien yang rawat jalan 105 orang, pasien rawat inap 6 orang, pasien rujuk 2 orang dan satu orang meninggal dunia.

“Pasien yang rawat inap kemungkinan sudah bisa pulang hari ini (kemarin) dengan diberikan obat dari dokter,” tuturnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas