Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs Syafril Nursal SH MH menanam bibit pohon Ebony di atas lahan rencana pembangunan Polres Morowali. (Foto: Metrosulawesi/ Murad Mangge)

Morowali, Metrosulawesi.id – Masih dalam agenda kerjanya di Kabupaten Morowali, Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs Syafril Nursal SH MH bersama Pemkab Morowali menanam bibit pohon Ebony di atas lahan rencana pembangunan Polres Morowali sekaligus meresmikan pengoperasian kantor Polres Morowali.

Diketahui, lahan yang dihibahkan Pemkab Morowali untuk pembangunan Polres Morowali memiliki luas 15 hektar lebih. Sedangkan gedung yang akan mulai dipakai Polres Morowali sebagai kantor sementara, merupakan bangunan bekas kantor Satuan Pol-PP Morowali.

Kapolda Sulteng Syafril Nursal menjelaskan penanaman pohon juga merupakan program Kapolri yang starting kegiatannya dilakukan secara serentak di seluruh Polda se- Indonesia dan Polda Sulteng memperoleh lahan seluas 20 hektar dan telah menanami sekitar 15 ribu berbagai bibit pohon.

“Dari berbagai bibit pohon itu,termasuk pohon yang menjadi kebanggaan di Provinsi Sulawesi Tengah yakni pohon Ebony,” ungkap Kapolda saat kegiatan penanaman pohon serta pengoperasian kantor Polres Morowali, Kamis 16 Januari 2020.

Penting, sebut Kapolda, apa yang telah ditanam di lokasi Polres Morowali sangat perlu untuk diperhatikan sehingga bentuk perkerjaan yang dilakukan hasilnya tidak sia-sia dan rugi percuma. Sebab, tanaman pohon banyak memberikan manfaat satu di antaranya sebagai penghijauan.

“Saya harap Kapolres Morowali usahakan pohon yang ditanam ini tetap diperhatikan. Karena biasanya setelah ditanam sudah tidak ada lagi dipedulikan,” ujar Kapolda.

Kapolda Sulteng, Bupati dan Wakil Bupati Morowali, Kapolres Morowali, Dandim 1311/Morowali dan perwakilan Kejari Morowali foto bersama di lokasi penanaman pohon, Kamis 16 Januari 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Murad Mangge)

Di kantor Polres Morowali yang diresmikan, Kapolda Sulteng mengungkapkan, pembentukan Polres Morowali merupakan upaya Polri dalam rangka menjawab tantangan tugas yang kian kompleks, sekaligus mendekatkan sentra pelayanan kepolisian kepada masyarakat Morowali.

“Morowali bagian yang tidak terpisahkan dari komitmen Polda Sulteng serta jajaran menjamin dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah Sulawesi Tengah,” sebut Kapolda.

Seluruh personel Polres Morowali,kata Kapolda,diharapkan agar dapat meningkatkan peran dan fungsi kepada masyarakat,karena Polisi sebagai pemelihara Kantibmas,sebagai alat negara, penegak hukum serta pelindung, pengayom dan pelayan.

“Perlu saya sampaikan bahwa rasa aman merupakan hak hakiki yang harus dimiliki oleh masyarakat. Ini tidak tujuannya agar penyelenggaraan pembangunan dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga sejalan dengan Presiden RI, Ir Joko Widodo untuk menghadirkan aparat negara dengan masyarakat,” urai Kapolda.

Selepas dari dua kegiatan yang dimaksud Kapolda Sulteng bersama rombongannya dan di dampingi pejabat utama Pemkab Morowali menuju kawasan industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Desa Fatufia Kecamatan Bahodopi Morowali.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas