KESEPAKATAN - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola menyaksikan Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulteng Syaifullah Djafar menandatangani kesepakatan tentang pembongkaran Masjid Agung Darusalam Palu, di ruang kerja gubernur, Selasa, 14 Januari 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Syahril Hantono)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng akan membongkar Masjid Agung Darusalam Palu yang ada sekarang. Selanjutnya pemerintah akan membangun lagi masjid tersebut di kompleks yang sama.

Terkait rencana pembongkaran masjid tersebut, telah dilakukan penandatanganan kesepakatan antara pemerintah provinsi yang diwakili Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Provins Sulteng H Syaifullah Djafar dengan pihak penyedia jasa atau perusahaan. Kesepakatan itu ditandatangani di hadapan Gubernur H Longki Djanggola di ruang kerjanya, Selasa, 14 Januari 2020.

Kadis Syaifullah Djafar mengatakan, Masjid Agung Darusalam Palu harus dibongkar karena secara struktur sudah tidak layak dipakai.

”Masjid Agung ini pascagempa setelah diperiksa oleh ahli struktur ternyata sudah tidak bisa digunakan. Secara struktur dia (masjid agung) sudah rusak,” kata Syaifullah di kantor gubernur, Selasa 14 Januari 2020.

Sehingga, lanjut Kadis, masjid tersebut harus dibongkar untuk dibangun kembali masjid yang baru. Khusus kegiatan pembongkaran itu pemerintah provinsi awalnya telah menyediakan anggaran sekitat Rp2 miliar. Tetapi anggaran itu tidak jadi digunakan, karena pihak penyedia jasa memberikan secara gratis untuk kegiatan pembongkaran. Namun dengan kompensasi pihak penyedia jasa mengambil material di masjid yang dibongkar.

”Jadi pemerintah tidak mengeluarkan anggaran untuk keperluan pembongkaran itu,” kata Syaifullah.

Untuk pembangunan kembali masjid agung itu, Syaifullah mengatakan pemerintah akan membuat sayembara desain masjid.

”Kita akan buat sayembara desain yang terbuka untuk masyarakat Sulteng dan seluruh Indonesia,” katanya.

Desain masjid hasil sayembara akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para ahli, profesional, dan pihak-pihak terkait.

Dia menargetkan pembangunan Masjid Agung Darusalam Palu yang baru rampung dalam tahun ini juga.

Reporter: Syahril Hantono
Editor: Udin salim

Ayo tulis komentar cerdas