Achrul Udaya SH. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kongres Advokat Indonesia (KAI) Sulawesi Tengah akan menggelar kongres IV pada 18 Januari 2020 mendatang. Event tahunan itu akan membahas program kerja sekaligus memilih kepengurusan yang baru.

Ketua Panitia Kongres KAI ke-4, Achrul Udaya SH mengatakan, kongres akan diikuti pengurus dari tujuh DPC yang ada.

“Sekitar 200-an anggota KAI direncanakan akan menghadiri kegiatan ini,” katanya kepada Metrosulawesi, Selasa 14 Januari 2020.

Achrul mengatakan, sampai saat ini baru ada satu pengacara yang dipastikan akan maju pada perebutan kursi ketua KAI Sulteng.

“Yang mendaftar itu baru pak Riswanto,” kata Achrul.

Ada beberapa persyaratan yang dipenuhi bagi seorang calon ketua KAI. Di antaranya: bebas narkoba, tidak pernah dihukum pidana, sudah pernah menjadi pengurus KAI dan minimal sudah menjadi anggota KAI selama empat tahun.

“Persyaratan lain setiap calon yang ingin bertarung pada bursa pencalonan harus menyetor dana sebesar Rp10 juta ke organisasi,” kata Achrul.

Achrul mengatakan, organisasi KAI membutuhkan figur yang memiliki kepedulian terhadap organisasi. Figur seorang yang mau bekerja keras untuk membesarkan organisasi.

Sampai saat ini kat Achrul jumlah advokat yang tergabung dalam KAI mencapai 200-an orang. Selain di Palu, mereka tersebar di beberapa daerah di kabupaten.

“Kami sudah punya tujuh DPC, di antaranya dari Toltoli, Parigi Moutong, Poso dan kabupaten lainnya,” pungkasnya.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas