Home Palu

Untad Menuju Standar Internasional

193
Prof Mahfudz. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Prof Dr Ir H Mahfudz MP, mengungkapkan Universitas Tadulako (Untad) tengah menuju berstandar internasional mulai dari sarana/prasarana (fasilitas) dan sumber daya manusia tenaga pendidik.

“Kita akan berusaha secara bertahap dan pelan-pelan melangkah ke sana (berstandar internasional). Itulah semangat yang kita akan bangun bahwa Universitas Tadulako ini kedepan berstandar internasional,” ungkap Rektor saat rapat kerja Untad tahun 2020 di Palu, pada Selasa, 7 Januari.

Prof Mahfudz menerangkan tolok ukur utama berstandar internasional yakni dinilai dari sumber daya manusia yang ada di kampus ini. Selain itu, tolok ukur lain dari lingkungan kampus yang harus berstandar internasional.

Dia mengakui kedua tolok ukur tersebut belum bisa dipenuhi oleh civitas Untad. Itu karena butuh waktu dan dukungan anggaran. Namun yang pasti, langkah Universitas Tadulako menuju berstandar internasional telah dimulai dengan visi-misi baru Untad.

Untad saat ini berada dibawah visi Universitas Tadulako menjadi perguruan tinggi berstandar internasional dalam pengembangan Ipteks berwawasan lingkungan hidup.

Visi ini akan diwujudkan melalui 4 misi yaitu menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, modern, dan relevan menuju pencapaian standar internasional dalam pengembangan Ipteks berwawasan lingkungan hidup.

Selanjutnya menyelenggarakan penelitian yang bermutu untuk pengembangan Ipteks berwawasan lingkungan hidup. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai pemanfaatan hasil pendidikan dan hasil penelitian yang dibutuhkan dalam pembangunan masyarakat.

Menurut Prof Mahfudz, dalam menuju berstandar internasional dimulai dengan aktivitas dan semua fasilitas di lingkungan Untad yang harus berstandar internasional. Aktivitas berstandar internasional diukur mulai dari proses, income, dan output.

“Sekarang pertanyaannya apakah yang kita miliki sekarang sudah bisa dikategorikan berstandar internasional? infrastruktur misalnya, apakah perpustakaan kita sudah berstandar internasional? apakah proses pembelajaran atau ruang perkuliahan kita sudah berstandar inetrnasional? jujur saja saya belum memahami persis seperti apa yang bertsandar internasional. Tapi mungkin teman-teman yang melanjutkan studi di luar negeri bisa memberikan pemahaman. Jujur di periode saya ini belum bisa terukur bahwa kita sudah memasuki berstandar internasional, tapi paling tidak kita akan berusaha melangkah ke sana,” tandas Prof Mahfudz.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas