Ketua DPRD Parimo Sayutin Budianto dan anggota DPRD lainnya melihat langsung daerah irigasi di Desa Toribulu dan Desa Baina. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)
  • DPRD Parimo Minta Pemprov dan Pemerintah Pusat Segera Perbaiki

Parimo, Metrosulawesi.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sayutin Budianto bersama anggota DPRD Parimo mengunjungi sejumlah daerah irigasi (DI) di wilayah Parimo. 

Daerah Irigasi yang dikunjungi Ketua DPRD Parimo bersama anggota DPRD lainnya yakni irigasi di Desa Toribulu Kecamatan Toribulu dan Desa Baina Kecamatan Tinombo.

“Dalam kunjungan kami di daerah irigasi tersebut, kami didampingi pemerintah kecamatan dan kepala desa setempat,” ungkap Ketua DPRD Parimo Sayutin Budianto kepada Metrosulawesi, di Parigi, Jumat 10 Januari 2020.

Sayutin mengatakan, bahwa dari kunjungan itu pihaknya saat melihat dua daerah irigasi (DI) yang ada di dua desa wilayah Parimo itu adalah saluran irigasi induk tidak berfungsi secara maksimal.

“Daerah Irigasi yang ada di Desa Toribulu dan Desa Baina itu rusak berat.  Sementara Daerah Irigasi (DI) ini adalah kewenangan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Untuk itu, harapan saya selaku Ketua DPRD Parimo, agar pemerintah Provinsi dan Pemerintah pusat dapat memperhatikan DI tersebut. Saya juga akan memerintahkan Komisi III DPRD Parimo untuk menindaklanjuti hal tersebut melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas PUPRP, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Parimo untuk mencari solusi atas masalah tersebut,” jelas Sayutin yang juga Ketua DPD Nasdem itu.

Sayutin menambahkan, dengan adanya kunjungan Kementerian Pertanian RI Sabtu 11 Januari 2020 hingga 12 Januari 2020 mendatang, pihaknya juga akan menyampaikan hal itu kepada pihak Kementerian Pertanian.

“Kita menginginkan kawasan pertanian di wilayah Parimo ini menjadi lumbung Pertanian lagi seperti dulu, sehingga kami berharap agar kedua DI di dua desa tersebut secepatnya dilakukan perbaikan, karena para petani sangat membutuhkan air untuk dialiri ke sawah, sekali lagi saya harapkan agar pemerintah provinsi dan pemerintah pusat secepatnya melakukan Perbaikan pada DI tersebut, dan itu masih kewenangan pemerintah provinsi dan pusat,” pungkasnya.

Anggota DPRD Parimo Wawan Setiawan, politisi PBB itu mengatakan, bahwa dirinya selaku wakil rakyat daerah pemilihan dua yakni Kecamatan Toribulu sampai Tinombo, berharap agar Kementrian Pertanian yang akan datang berkunjung ke Parimo, bisa membantu dengan melihat kondisi irigasi maupun saluran untuk persawahan yang ada di Parimo khususnya yang ada di wilayah Dapil II ini.

“Kami berharap agar menjadi perhatian khusus dan serius dari pihak Kementerian Pertanian yang akan datang berkunjung di Parimo besok, karena persawahan yang ada di Desa Baina ini kurang lebih sudah 5 tahun tidak bisa berproduksi lagi, akibat irigasi dan saluran tidak teraliri air. Dan dengan tidak teraliri air di persawahan itu membuat terpuruknya sisi ekonomi di desa tersebut, untuk itu saya selaku wakil rakyat sangat berharap pihak Kementrian Pertanian untuk sesegera mungkin membantu masyarakat khususnya para petani di Desa Baina dan Desa Toribulu untuk dilakukan perbaikan pada DI maupun saluran yang tersir,” ungkap Wawan Setiawan.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas