Farida Lamarauna. (Foto: Humas Diskiminfo)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik atau Diskominfo Provinsi Sulteng, Farida Lamarauna, mengungkapkan pihaknya akan terus berkomitmen menangkal peredaran informasi-informasi hoaks.

“Tahun ini kita tetap akan melakukan sosialisasi dengan menyasar sejumlah kabupaten di Sulawesi Tengah,” ungkap Farida kepada Metrosulawesi, Selasa, 7 Januari 2020.

Dia mengatakan Diskominfo Sulteng akan bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi dan sekolah-sekolah dalam menyosialisasikan peredaran dan dampak informasi atau berita-berita hoaks.

“Kami akan menyasar kalangan pelajar dan mahasiswa yang merupakan kaum milenial,” ucap Farida.

Mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sulteng menuturkan selama ini peredaran informasi hoaks akibat ketidaktahuan masyarakat, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Kita tidak bisa bilang mereka pelaku atau penyebar karena terkadang hanya disebabkan ketidaktahuan. Saya melihat ketidaktahuan yang dominan. Karena ketidaktahuan itu akhirnya mereka ikut membagikan tanpa mencaritahu kebenaran,” ujarnya.

Farida menambahkan sosialisasi menangkal berita hoaks sudah gencar dilakukan pihaknya dalam beberapa tahun terakhir. Sosialisasi tersebut rutin dilakukan sepanjang tahun 2019 ke sejumlah tempat dengan menyasar berbagai elemen masyarakat.

Sosialiasi yang disampaikan bagaimana ber-internet yang baik dan ber-sosial media yang baik. Dengan sosialisasi itu diharapkan semua lapisan masyarakat turut serta dalam menangkal informasi-informasi hoaks.

“Kalau masyarakat sudah tahu bagaimana ber-internet yang baik dan ber-sosial media yang baik, tentu akan tahu pula adanya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE),” pungkas Farida.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas