Daniel Butarbutar. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Salah satu perusahaan plat merah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selama periode tahun 2019, PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Cabang Palu lebih fokus membayarkan klaim kepada masyarakat terdampak korban bencana 28 September 2018 silam.

Hal itu disampaikan Pimpinan PT Asuransi Jasindo Cabang Palu, Daniel Butarbutar saat ditemui Metrosulawesi di kantornya Jalan Samratulangi, Selasa (7/1/2020).

Ia menjelaskan pihaknya menyelesaikan pembayaran klaim gempa totalnya kurang lebih hampir mencapai Rp29 miliar. Ia mengatakan untuk pendapatan premi Jasindo meraih hasil positif di atas target tahunan.

“Premi kita melebihi target di atas Rp25 miliar. Kami tahun ini belum menentukan pendapatan premi karena menunggu pihak dari pusat, kemungkinan dalam waktu dekat ini target akan kami terima,” katanya.

Diungkapkannya, Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo akan tahun ini juga akan lebih memfokuskan melaksanakan edukasi literasi keuangan di sekolah-sekolah. Program edukasi literasi yang dijalankan ini sesuai dengan program pemerintah yang ingin memberikan dasar pengelolaan keuangan sehingga tercapai inklusi keuangan di Indonesia.

“Dimulai dari lingkungan keluarga dan di lingkungan pendidikan (sekolah), dan dengan pemahaman keuangan yang merata di seluruh lapisan masyarakat, inklusi keuangan dapat dicapai. Melalui program edukasi literasi keuangan, Asuransi Jasindo turut berpartisipasi dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai prinsip pengelolaan keuangan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebagai salah satu elemen produk jasa keuangan, asuransi merupakan bagian penting dari literasi keuangan untuk memberikan persepsi tentang keuangan dan mitigasi risiko di masyarakat. Menurutnya, banyak persepsi awam yang masih menganggap asuransi sebagai rencana yang sia-sia termasuk salah satu permasalahan dalam upaya meningkatkan literasi keuangan.

“Perlu adanya edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi seiring semakin meningkatnya ketidakpastian risiko selama ini, Asuransi Jasindo sangat mendukung program OJK dalam upaya meningkatkan literasi keuangan nasional di masyarakat,”

Sementara itu, nasabah dari Asuransi Jasindo bukan hanya dari wilayah Sulawesi Tengah. Namun, sampai ke provinsi tetangga yaitu Sulawesi Barat. Sedangkan, lanjut dia, jumlah peserta kurang lebih sekitar ribuan orang dan ditambah lagi ada ratusan perusahaan di daerah ini bermitra bersama Jasindo.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas