Pelayanan di Bank Muamalat Cabang Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Memasuki tahun 2020, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Palu membukukan portofolio di tahun 2019 dengan capaian optimal. Berdasarkan posisi akhir tahun 2019, capaian pertumbuhan aset Bank Muamalat Cabang Palu meningkat 18% year to date (y-t-d).

“Di tahun 2019 yang lalu, kami telah melakukan capaian yang cukup bagus dari sisi aset, yaitu peningkatan sebesar 18,6% y-t-d dimana pertumbuhan dari sisi dana pihak ketiga (DPK) merupakan penyumbang peningkatan tertinggi di tahun 2019,” jelas Kepala Cabang Bank Muamalat Palu, Bambang Haryo Nugroho, di ruang kerjanya, Rabu (8/1/2020).

Sementara itu, ia menyebutkan pihaknya juga di tahun kemarin fokus ke sektor penghimpunan dana retail. Di mana pembiayaan menjadi sektor non individu. Ditambah lagi, pembiayaan terdampak bencana dengan menggunakan skema perbaikan.

“Di tahun 2019 kemarin, kami fokus ke sektor penghimpunan dana retail sebagaimana arahan dari manajemen kepada cabang Palu, sehingga sektor pembiayaan hanya kami lakukan untuk sektor-sektor tertentu antara lain lembaga-lembaga pendidikan maupun pembiayaan sector non individu,” ujarnya.

“Hal ini dikarenakan tahun itu merupakan tahun setelah bencana Palu, 28 September 2018 sehingga kami fokuskan untuk penanganan pembiayaan terdampak bencana dengan berbagai skema perbaikan,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Bambang mengungkapkan Bank Muamalat Cabang Palu selain dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK) juga mengalami pertumbuhan dari sisi akuisisi pembukaan rekening nasabah baru dan porsi haji.

“Pada tahun 2019 yang lalu, nasabah baru yang membuka rekening di Bank Muamalat Cabang Palu bertambah lebih dari 4.500 nasabah baru, diluar nasabah eksisting yang sebelumnya telah memiliki rekening di Bank Muamalat Palu,” ungkapnya.

Sedangkan, kata Bambang, pendaftaran porsi haji melalui Bank Muamalat Cabang Palu selama 2019 berjumlah 1.182 jamaah calon haji yang mendaftar melalui Siskohat Bank Muamalat Palu.

“Harapan kami di tahun 2020 ini, ke depan adalah sinergi bersama perbankan Syariah yang ada di Kota Palu, khususnya agar dapat bersama-sama mensyiarkan system ekonomi Syariah melalui sistem perbankan sehingga perbankan Syariah dapat menjadi main bank serta priority bank masyarakat Kota Palu dan bersama-sama membesarkan industri perbankan Syariah,” harapnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas