Ruang pamer Toyota Kalla Martadinata Palu. Diler ini menaikkan target penjualan untuk 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Memasuki tahun baru 2020, sejumlah diler otomotif di Kota Palu mulai memasang target penjualannya. Rata-rata diler mengalami peningkatan penjualan bahkan surplus.

Seperti yang dilakukan diler Toyota PT Hadji Kalla Cabang Palu menargetkan penjualan pada 2020 ini sebanyak 1.250 unit. Sebelumnya, pada 2019, penjualan Toyota di daerah ini sebanyak 1.237 melebihi target 1.230 unit.

Hal itu diungkapkan Supervisior Hadji Kalla Palu Cabang Martadinata, Muhammad Asri kepada Metrosulawesi, Senin (6/1/2020).

“Angka itu cukup realisitis bagi kami dan kita juga baru canangkan tahun ini renovasi bangunan kantor. Berarti kalau masuk hitungan per bulan 170 unit yang harus keluar di tahun ini,” tuturnya.

Ia menilai pada dasarnya respon dan antusias masyarakat memiliki kendaraan khususnya Toyota sangat tinggi dilihat dari penggunaan yang di luar ekspektasi. Apalagi, kata dia, posisi brand Toyota masih jadi nomor satu di Sulawesi Tengah.

Asri juga mengungkapkan dominan paling banyak yang laku terjual ada pada tipe Calya, Rush, dan Avanza.

“Total penjualan Toyota Calya 282 unit, disusul Rush 256 unit dan kemudian Avanza 245 unit. Itu tiga mobil yang tinggi angka penjualan,” ungkapnya.

SPV Nissan-Datsun Palu, Paskalis Ferdinan. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Begitupula diler PT Wahana Megaputra Makassar (Nissan-Datsun) Cabang Palu, juga mencapai target 250 unit.

“Secara target kita capai, kalau penjualan di tahun kemarin kami naik, tapi tidak terlalu drastis hanya selisih 15 unit saja,” kata Supervisior Nissan-Datsun Palu, Paskalis Ferdinand saat dihubungi Metrosulawesi melalui telepon, Minggu (5/1/2020).

Ia menjelaskan jenis kendaraan yang banyak terjual di tahun 2019 ialah Datsun kurang lebih sekitar 75%. Kemudian, disusul mobil jenis Nissan sebanyak 25%. Sedangkan, tahun 2020, pihak Nissan-Datsun Palu menargetkan keseluruhan penjualan sebanyak 265 unit.

“Pasar kita lebih menyasar ke Datsun. Kalau per bulan minimal di angka 30 unit semua mulai Datsun hingga Nissan. Bahkan, penjualan kami di tahun kemarin melebihi target,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga optimis meraih pasar otomotif di Sulawesi Tengah. Dengan melakukan ekspansi yang lebih intens ke daerah Kabupaten.

Supervisior PT Bosowa Berlian Motor Palu Authorized Dealer Mitsubishi, Azis Laiceng saat melakukan sesi foto usai ditemui Metrosulawesi di Showroom Jalan Soekarno-Hatta Kota Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Sementara itu, PT Bosowa Berlian Motors Palu Authorized Dealer Mitsubishi juga menaikkan target penjualan di tahun 2020 menjadi 420 unit dari 300 unit di 2019. Kenaikanya mencapai 15 persen.

Sementara itu, penjualan kendaraan penumpang (minibus) dan niaga ringan milik PT Bosowa Berlian Motor Palu Authorized Dealer Mitsubishi meraih pencapaian positif dengan mobil Xpander yang memberikan kontribusi sebanyak 70 persen sepanjang 2019 di Sulawesi Tengah.

Supervisior PT Bosowa Berlian Motor Palu Authorized Dealer Mitsubishi, Azis Laiceng mengatakan selama setahun itu total penjualan kurang lebih sekitar 300 unit dan kontribusi terbesar untuk hasil ini berasal dari penjualan Mitsubishi Xpander.

“Paling dominan terjual Xpander dan sisanya 30 persen kendaraan komersil (niaga). Pascabencana itu sudah sesuai target yang ditentukan perusahaan dan ini tetap tidak ada kenaikan dan penurunan,” katanya, Senin (6/1/2020).

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas